Efektivitas Aplikasi Smartphone Roadbump Pro dan Roadroid Dengan Nilai Kekasaran Jalan Pada Perkerasan Kaku

ida farida, Muhammad Zaini Hamid

Abstract


Abstrak

 

Tingkat ketidakrataan jalan merupakan parameter untuk mengukur kekasaran ruas permukaan jalan dengan International Roughness Index. Alat pengujian lain yang lebih ekonomis dan objektif terdapat aplikasi smartphone Roadbump Pro dan Roadroid. Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan penilaian kekasaran permukaan jalan dan membandingkan tingkat efektivitas dalam perhitungan nilai kekasaran pada ruas perkerasan kaku. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode kuantitatif dengan analisis nilai kekasaran permukaan berdasarkan variasi kecepatan antara aplikasi smartphone Roadbump Pro dan Roadroid. Penelitian dilakukan pada perkerasan kaku di ruas Jalan Bypass Nagreg - Cicalengka dengan variasi kecepatan 20, 40, dan 60 km/jam menggunakan jenis kendaraan tipe Multi Purpose Vehicle. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan hasil aplikasi roadbump pro dengan roadroid pada ruas jalan perkerasan kaku menghasilkan nilai koefisien korelasi terbesar senilai R² sebesar 0.5183. Terdapat hubungan kuat antara aplikasi Roadroid dengan Roadbump Pro pada lajur 1 di kecepatan 60 km/jam. Hasil nilai rata-rata kekasaran jalan pada kedua aplikasi disimpulkan aplikasi Roadroid lebih akurat dalam menentukan nilai kekasaran IRI, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk menilai kondisi permukaan kekasaran jalan.

 

Kata kunci: International roughness index, kekasaran permukaan jalan, road conditions, roadroid, roadbump pro.

 

 

 

Abstract

 

The level of road unevenness is a parameter to measure the roughness of the road surface using the International Roughness Index. Another test tool that is more economical and objective is the Roadbump Pro and Roadroid smartphone applications. The purpose of the study was to determine differences in road surface roughness assessment and to compare the level of effectiveness in calculating the roughness value on rigid pavement sections. The research method used is a quantitative method with an analysis of surface roughness values based on speed variations between the Roadbump Pro and Roadroid smartphone applications. The research was conducted on rigid pavement on the Nagreg - Cicalengka Bypass Road section with variations in speed of 20, 40, and 60 km/hour using a Multi Purpose Vehicle type vehicle. The results showed that the comparison of the results of the roadbump pro application with the roadroid on the rigid pavement resulted in the largest correlation coefficient value of R² is 0.5183. There is a strong relationship between the Roadroid application and Roadbump Pro in lane 1 at a speed of 60 km/hour. The results of the average value of road roughness in both applications concluded that the Roadroid application was more accurate in determining the IRI roughness value, so that it could be used as a tool to assess road surface roughnessin determining the IRI roughness value. So that it can be used as a tool to assess road surface roughness conditions.

 

Keywords: International roughness index, road conditions, roadroid, roadbump pro, road surface roughness


Keywords


International roughness index, road conditions, roadroid, roadbump pro, road surface roughness

Full Text:

PDF

References


Bolla, M.E. (2012) ‘Perbandingan Metode Bina Marga Dan Metode Pci (Pavement Condition Index) Dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kaliurang, Kota Malang)’, Jurnal Teknik Sipil, 1(3), pp. 104-116–116.

Direktorat Jenderal Bina Marga (2012) Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 22.2/KPTS/Db/2012. Jakara: Departemen Pekerjaan Umum.

Ginting, P. (2019) ‘Perbandingan Nilai Ketidakrataan Jalan Dengan Menggunakan Alat Roughometer III Dan Aplikasi Roadroid’, pp. 1–104.

Irianto and Rochmawati, R. (2020) ‘Studi Penilaian Kondisi Kerusakan Jalan Dengan Metode Nilai International Roughness Index (IRI) Dan Surface Distress Index (SDI)(Studi Kasus Jalan Alternatif Waena _ Entrop)’, Dintek, 13(02), pp. 7–15.

Kementrian PUPR (2017) Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Ruas Jalan. Jakarta.

Nugraha, M.I. (2021) ‘Pemanfaatan Aplikasi Smartphone Roadbump Pro sebagai Alat Untuk Penentuan Nilai International Roughness Index (IRI) sebagai Kinerja Fungsional Jalan’, Institut Teknologi Nasional, pp. 5–24.

Octavia, S.N. (2020) Analisis Penerapan Metode International Roughness Index (Iri) Menggunakan Aplikasi Roadlab Pro Dan Surface Distress Index.

Pangesti, R.D., Mahbub, J. and Rahmawati, R. (2021) ‘Penilaian Kondisi Jalan Menggunakan Asphalt Paser ( Pavement Surface Evaluation and Rating ) Dan Iri ( International Roughness Index ) Roadroid’, Bangun Rekaprima, 07(1), pp. 36–44.

Pangesti, R.D. and Roselina, R. (2020) ‘Evaluasi Penilaian Jalan Menggunakan IRI Roadroid di Ruas Jalan Kabupaten Banyumas’, in Prosiding Snitt Poltekba, pp. 16–24.

Pembuain, A., Priyanto, S. and Suparma, L.B. (2019) ‘Evaluasi Kemantapan Permukaan Jalan Berdasarkan International Roughness Index Pada 14 Ruas Jalan di Kota Yogyakarta’, Teknik, 39(2), p. 132. doi:10.14710/teknik.v39i2.21459.

Sari, D., Sukmawati, S. and Hasanuddin, A. (2019) ‘Perbandingan Nilai Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode PCI ( Pavement Condition Index ) dan Metode IRI ( International Digital Repository Universitas Jember’, Jurnal Rekayasa Sipil dan Lingkungan, Vol. 3; N(September 2019), pp. 113–122.

Setiawan, A., Pradani, N. and Masoso, F.C. (2020) ‘Pemanfaatan Aplikasi Smartphone Untuk Mengukur Kemantapan Permukaan Jalan Berdasarkan International Roughness Index’, Jurnal Transportasi, 19(3), pp. 205–214. doi:10.26593/jt.v19i3.3673.205-214.

Simamora, M., Trisnoyuwono, D. and Muda, A.H. (2018) ‘Model Internatinal Roughness Index Vs Waktu pada Beberapa Jalan Nasional di Kota Kupang’, JUTEKS: Jurnal Teknik Sipil, 3(1), pp. 254–258.

Umi, T., Setyawan, A. and Suprapto, M. (2016) ‘Penggunaan Metode International Roughness Index (Iri), Surface Distress Index (Sdi) Dan Pavement Condition Index (Pci) Untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri’, Prosiding Semnastek, 0(0), pp. 1–9. Available at: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/685.




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v12i2.737

Refbacks



Copyright (c) 2022 ida farida

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats