MODEL OPTIMALISASI FUNGSI PASAR TRADISIONAL DI KOTA BANDA ACEH (Studi Kasus Pasar Newtown Lamdom)
Abstract
Abstrak
Pasar tradisional adalah salah satu aspek yang dapat menunjang pertumbuhan ekonomi di Kota Banda Aceh. Pasar Tradisional Newtown Lamdom (PTNL) merupakan salah satu pasar tradisional di Kota Banda Aceh yang belum berfungsi sebagaimana mestinya, tidak ada satupun pedagang yang berjualan di sana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memiliki pengaruh terhadap tidak optimalnya fungsi PTNL dan merumuskan strategi dalam meningkatkan pengelolaan PTNL. Strategi dalam mengoptimalkan fungsi pasar tradisional sudah diidentifikasi dengan menyebarkan kuesioner melalui observasi lapangan dan melalui google form, data kuesioner diolah menggunakan metode analisis regresi ordinal, kemudian akan diperoleh hasil penyebab tidak optimalnya fungsi pasar tradisional Newtown Lamdom selanjutnya, faktor-faktor tersebut dianalisis dengan menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD). hasil dari serangkaian analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa lokasi PTNL memiliki pengaruh 82,1%, sarana PTNL memiliki pengaruh sebesar 74,7% dan prasarana PTNL memiliki pengaruh sebesar 22,7% terhadap factor yang mempengaruhi tidak optimalnya fungsi PTNL, untuk dapat mengoptimalkan fungsi PTNL perlu menyiapkan lokasi dan sarana sesuai dengan kebutuhan pasar seperti ketersedian lahan parkir, tersedianya transportasi umum menuju pasar, air bersih, listrik dan ketersediaan bahan baku, selain itu juga perlu ditinjau aspek kebijakan pemerintah seperti melakukan sosialisasi kepada pedagang dan pembeli untuk dapat mengoptimalkan fungsi PTNL.
Kata Kunci: Strategi, optimalisasi pasar, pasar tradisional, fungsi pasar
Abstract
Traditional market is one of the supporting aspects for economic growth in Banda Aceh. Newtown Lamdom Market (PTNL) is one of traditional markets in Banda Aceh that has not been functioning properly from year to year as there is no single trader who sells there. This study aims to determine the factors causing the function of the traditional market is not optimal and to formulate the strategy in order to improve the management of Newtown Lamdom Traditional Market. The author identified the strategy in optimizing the function of traditional market by conducting field observation. The results of observation are then analyzed by using the Ordinal Regression Method to determine the factors causing the function of the traditional market are not optimal. Afterwards, those factors are analyzed through Focus Group Discussion (FGD) with the determined informants. The results of series of analyses conducted show that the City Government of Banda Aceh is required to rehabilitate the Newtown Lamdom market buildings, equip the market facilities and infrastructure, provide raw material needs, and conduct socialization to traders and buyers in order to optimize the function of Newtown Lamdom Market.
Keywords: Strategy, Market Optimization, Traditional Market, market function
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darma, T. S., Aulia, T. B. and Safwan, S, 2018. Optimalisasi Pengelolaan Kawasan Pasar ulee Kareng Kota Banda Aceh. JARSP, 1(2), pp. 80–89. doi: 10.24815/jarsp.v1i2.10946.
Dewi R, S, 2018. Pengaruh Faktor Modal Psikologis, Terhadap Perkembangan Usaha Pedagang Di Pasar Tradisional (Studi kasus pada Pedagang Sembako dan Snack di Pasar Peterongan). J. Adm. Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 29–40, doi: 10.14710/jab.v2i1.5352.
Gunawan, I, 2018. Metode Penelitian Kualitatif. p. 27.
Meiza, A. et al, 2020. Analisis Regresi Ordinal untuk melihat Pengaruh Media Pembelajaran Daring terhadap Antusiasme Mahasiswa Era Pandemi Covid. p. 8.
Pengantar, K. and Semiawan, D. C. R, 2020. Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. p. 171.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung
Safitri, 2016. Strategi Pengelolaan Pasar Tradisional Mauk Di Kecamatan Mauk Kabupaten Tanggerang.
http://simkap.bandaacehkota.
Surya, B, 2015. Optimization of Function and Role of Traditional Markets in Urban Development Systems of Ketapang City (A Case Study: Range Sentap Market, Delta Pawan Subdistrict, Ketapang City). Asian Journal of Applied Sciences, 03(06), p. 16.
Syahputra, M. Afifuddin, and S. Yusuf, 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tidak Berfungsinya Pasar Tradisional (Studi Kasus: Pasar Lamgapang Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh ). J. Arsip Rekayasa Sipil dan Perenc., vol. 1, no. 1, pp. 112–121, 2018, doi: 10.24815/jarsp.v1i1.10361.
Yopiannor, F. Z, 2017. Strategi Meningkatkan Daya Saing Pasar Tradisional (Kasus Revitalisasi Pasar Tradisional di Kota Banjarmasin). Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Komunikasi, 3(1), pp. 85–90. doi: 10.33084/restorica.v3i1.630.
DOI: https://doi.org/10.29103/tj.v11i2.521
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 I Sa’dan, N Fadhli, Ashfa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons "Attribution-ShareAlike”
Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)
March and September
In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe