Analisis Tebal dan Panjang Landasan Pacu Bandara International Sultan Iskandar Muda Blang Bintang

Zulfhazli Abdullah

Abstract


Bandar udara merupakan prasarana penting dalam kegiatan transportasi udara. Bandar udara Internasional Sultan Iskandar Muda merupakan Bandar udara terbesar di Provinsi Aceh, yang mengalami perkembangan arus lalu lintas udara setiap tahunnya, terutama pada keberangkatan haji dan musim liburan. Tahun 2007 adalah terakhir dilakukan pengembangan, dimana panjang landasan pacu ditambah menjadi 3000 meter untuk dapat menampung pesawat jenis Airbus 330-300. Bandar udara ini juga beroperasi pesawat jenis Boeing 747-400 yang memiliki berat lebih besar dan kebutuhan panjang landasan pacu lebih panjang dari pesawat rencana. Data yang digunak adalah data primer berupa data beban pesawat rencana, data CBR tanah dan jumlah lintas pesawat, sedangkan data sekunder berupa kelas bandara, layout, jumlah penumpang, jumlah pesawat terbang, jenis pesawat dan rute penerbangan, kondisi lingkungan dan jenis tanah. Metode yang diguanakan adalah Metode FAA. Hasil perhitungan kebutuhan landasan pacu untuk pesawat rencana yaitu jenis Airbuss 330-300 adalah 3650 meter dan kebutuhan panjang untuk pesawat terbesar yang telah beroperasi yaitu jenis Boeing 747-400 adalah 4550 meter. Untuk kebutuhan tebal pekerasan untuk pesawat jenis Airbuss 330-300 adalah, surface = 13 cm, base course = 18 cm, dan subbase course = 59 cm. Sedangkan untuk jenis pesawat Boeing 747-400 memiliki kebutuhan tebal pekerasan adalah, surface = 13 cm, base course = 26 cm, dan subbase course = 77 cm. Artinya diperlukan analisis ulang terhadap landasan pacu agar dapat digunakan secara maksimal terutama untuk melayani pesawat berbadan lebar secara aman dan nyaman.

 

Kata Kunci:Analisis,Bandara, Runway, Pavemen 


Full Text:

PDF

References


Basuki, H. Merancang dan Merencanakan Lapangan Terbang, Penerbit Alumni, Bandung, 1986.

FAA, Advisory Circular AC-150/5320-6E. Airport Pavement Design and Evaluation, United States of America, 2009.

Hidayat, Dede Rahmat. 2014. “Analisis dan Perencanaan Runway dan Alat Bantu Pendaratan Bandar Udara Nusawiru Kabupaten Pangandaran. Nomor 2.

Horonjeff, R. dan McKelvey, X. Planning and Desaign of Airports, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1988.

Horonjeff, R. dan McKelvey, X. Perencanaan dan Perancangan Bandar Udara, Penerbit Erlangga, Jakarta,1993.

Susetyo, Arief. 2012. Studi dan Perencanaan Penambahan Runway di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Skripsi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Wiyanti, Sri Dwi. 2006. Pengaruh Lingkungan Lapangan Terbang pada Perencanaan Panjang Landasan dengan Standar ARFL. Teodolita. Nomor1: 40-45.

Yang, C. Design of Funtional Pavement, Jhon Wiley dan Son Inc, New York, 1984.




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v8i2.163

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Zulfhazli Abdullah



P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats