Analisis Tebal dan Panjang Landasan Pacu Bandara International Sultan Iskandar Muda Blang Bintang
Abstract
Bandar udara merupakan prasarana penting dalam kegiatan transportasi udara. Bandar udara Internasional Sultan Iskandar Muda merupakan Bandar udara terbesar di Provinsi Aceh, yang mengalami perkembangan arus lalu lintas udara setiap tahunnya, terutama pada keberangkatan haji dan musim liburan. Tahun 2007 adalah terakhir dilakukan pengembangan, dimana panjang landasan pacu ditambah menjadi 3000 meter untuk dapat menampung pesawat jenis Airbus 330-300. Bandar udara ini juga beroperasi pesawat jenis Boeing 747-400 yang memiliki berat lebih besar dan kebutuhan panjang landasan pacu lebih panjang dari pesawat rencana. Data yang digunak adalah data primer berupa data beban pesawat rencana, data CBR tanah dan jumlah lintas pesawat, sedangkan data sekunder berupa kelas bandara, layout, jumlah penumpang, jumlah pesawat terbang, jenis pesawat dan rute penerbangan, kondisi lingkungan dan jenis tanah. Metode yang diguanakan adalah Metode FAA. Hasil perhitungan kebutuhan landasan pacu untuk pesawat rencana yaitu jenis Airbuss 330-300 adalah 3650 meter dan kebutuhan panjang untuk pesawat terbesar yang telah beroperasi yaitu jenis Boeing 747-400 adalah 4550 meter. Untuk kebutuhan tebal pekerasan untuk pesawat jenis Airbuss 330-300 adalah, surface = 13 cm, base course = 18 cm, dan subbase course = 59 cm. Sedangkan untuk jenis pesawat Boeing 747-400 memiliki kebutuhan tebal pekerasan adalah, surface = 13 cm, base course = 26 cm, dan subbase course = 77 cm. Artinya diperlukan analisis ulang terhadap landasan pacu agar dapat digunakan secara maksimal terutama untuk melayani pesawat berbadan lebar secara aman dan nyaman.
Kata Kunci:Analisis,Bandara, Runway, Pavemen
Full Text:
PDFReferences
Basuki, H. Merancang dan Merencanakan Lapangan Terbang, Penerbit Alumni, Bandung, 1986.
FAA, Advisory Circular AC-150/5320-6E. Airport Pavement Design and Evaluation, United States of America, 2009.
Hidayat, Dede Rahmat. 2014. “Analisis dan Perencanaan Runway dan Alat Bantu Pendaratan Bandar Udara Nusawiru Kabupaten Pangandaran. Nomor 2.
Horonjeff, R. dan McKelvey, X. Planning and Desaign of Airports, Penerbit Erlangga, Jakarta, 1988.
Horonjeff, R. dan McKelvey, X. Perencanaan dan Perancangan Bandar Udara, Penerbit Erlangga, Jakarta,1993.
Susetyo, Arief. 2012. Studi dan Perencanaan Penambahan Runway di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Skripsi, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Wiyanti, Sri Dwi. 2006. Pengaruh Lingkungan Lapangan Terbang pada Perencanaan Panjang Landasan dengan Standar ARFL. Teodolita. Nomor1: 40-45.
Yang, C. Design of Funtional Pavement, Jhon Wiley dan Son Inc, New York, 1984.
DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v8i2.163
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Zulfhazli Abdullah
Creative Commons "Attribution-ShareAlike”
Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)
March and September
In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe