Analisis Kinerja Simpang Empat Bersinyal RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan Terhadap Tundaan dan Panjang Antrian

M. Afiful Riza, Aji Suraji, Agus Tugas Sudjianto

Abstract


Abstrak

 

Simpang empat bersinyal RSUD dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan terletak pada jalur utama transportasi dan perdagangan Surabaya dan Bali menjadikan peningkatan arus lalu lintas signifikan. Meskipun Simpang sudah terpasang Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) Area Traffic Control System (ATCS), belum bisa mengurai kepadatan volume kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja simpang dan dapat memberikan solusi terbaik untuk mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut. Pengumpulan data menggunakan metode survei lalu lintas. Metode analisis dan perhitungan data menggunakan metode MKJI 1997. Berdasarkan hasil analisis kinerja simpang pada kondisi eksisting 3 (tiga) fase diperoleh volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) tertinggi pada hari Senin pukul 06:15 – 07:15 WIB sebesar 2.282 smp/jam. Kapasitas simpang rata-rata sebesar 712 smp/jam. Nilai derajat kejenuhan rata-rata sebesar 0,80. Panjang antrian rata-rata sebesar 110,71 m. Tundaan rata-rata pada simpang yaitu 28,52 det/smp dengan mengacu pada tundaan rata-rata simpang didapatkan tingkat pelayanan simpang adalah D.

 

Kata kunci: simpang bersinyal, derajat kejenuhan, panjang antrian, tundaan, tingkat

pelayanan.

 

 

Abstract

 

The signalized intersection of dr. R. Soedarsono Hospital in Pasuruan City is located on the main transportation and trade routes of Surabaya and Bali, making a significant increase in traffic flow. Even though the intersection has been installed with the Traffic Signaling Device (APILL) Area Traffic Control System (ATCS), it has not been able to decompose the density of vehicle volume. This research aims to evaluate the performance of intersections and can provide the best solution to overcome these traffic problems. Data collection uses the traffic survey method. The method of data analysis and calculation uses the 1997 MKJI method. Based on the results of the analysis of the performance of the intersection in the existing condition of 3 (three) phases, the highest average daily traffic volume (LHR) was obtained on Monday at 06:15 – 07:15 WIB of 2,282 smp/hour. The average interchange capacity is 712 smp/h. The average saturation degree value was 0.80. The average queue length is 110.71 m. The average delay at the intersection is 28.52 sec/junior high school with reference to the average delay of the intersection, the service level of the intersection is D.

 

Keywords:   signalized intersection, degree of saturation, queue length, delays, level of service (LOS) intersection.


Keywords


signalized intersection, degree of saturation, queue length, delays, level of service (LOS) intersection.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A.A (2019) ‘Rekayasa Lalu Lintas’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), pp. 1689–1699.

Anjarwati, S. (2014) ‘Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Dukuhwaluh Purwokerto’, Techno, 15 No. 1(1), p. 7. Available at: http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Techno/article/view/69.

Biliton, J. (2004) Managemen Transportasi.

Bina Marga, D.J. (1997) Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997).

Budiman, A. and Intari, D.E. (2016) ‘Analisis Kapasitas Dan Tingkat Kinerja Simpang Bersinyal Pada Simpang Palima’, Fondasi : Jurnal Teknik Sipil, 5(1), pp. 69–78. Available at: https://doi.org/10.36055/jft.v5i1.1248.

Hidayat, D.W., Oktopianto, Y. and Budi Sulistyo, A. (2020) ‘Peningkatan Kinerja Simpang Tiga Bersinyal (Studi Kasus Simpang Tiga Purin Kendal)’, Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 7(2), pp. 36–45. Available at: https://doi.org/10.46447/ktj.v7i2.289.

Jurusan, D. et al. (2011) ‘Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Jalan Teuku Umar Barat – Jalan Gunung Salak) A.A.N.A. Jaya Wikrama’, 15(1).

Kumalawati, A., Sir, T.M.W. and Woda, D. (2022) ‘Kinerja Simpang Bersinyal Pada Simpang Empat Di Kota Ende’, Jurnal Teknik Sipil, 11(1), pp. 41–48.

Nasihah, G.N.M. and Purwaningsih, M.A. (2017) ‘Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal’, Proyek Akhir, 7, pp. 35–41. Available at: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/download/30395/18594.

Natsir, R. (2018) ‘Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Di Kota Palopo’, PENA TEKNIK: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 1(1), p. 95. Available at: https://doi.org/10.51557/pt_jiit.v1i1.49.

Pasuruan, P.K. (2010) ‘Peraturan Daerah Kota Pasuruan Nomor 04 Tahun 2012 Tentang Analisis Dampak Lalu Lintas’, 1954, pp. 1–21.

Perhubungan, D. (2009) ‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan’, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, p. 60.

Permukiman dan Prasarana Wilayah, D. (2004) ‘Survei Pencacahan Lalu Lintas dengan Cara Manual’.

PM 96 Tahun 2015 (2015) ‘Peraturan Menteri Perhubungan RI No 96 Tahun 2015 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas’, Jakarta, pp. 1–45.

Pradana, F., Budiman, A. and Robekha, N. (2016) ‘Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Pada Simpang Ciruas Serang’, Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi, 12(2), p. 375. Available at: https://doi.org/10.36055/tjst.v12i2.6602.

Pradipta, R.E. et al. (2017) ‘Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Dan Flyover Di Bundaran Kalibanteng’, Jurnal Karya Teknik Sipil, 6(1), pp. 263–274. Available at: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkts.

Prayitno, E.A., Abidin, Z. and Huda, M. (2019) ‘Analisis Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal Jl. Raya Nginden - Jl. Raya Panjang Jiwo Menggunakan PKJI 2014’, Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil, 2(1), pp. 23–28. Available at: https://doi.org/10.25139/jprs.v2i1.1491.

Ratnaningsih, D. et al. (2013) ‘Analisis Kinerja Simpang Ciliwung Kota Malang’, 10(2), PROKONS: Jurnal Teknik Sipil, pp. 127–131. Available at: https://www.academia.edu/32870477/Analisis_Kinerja_Simpang_Ciliwung_Kota_Malang.

Saudi, A.I. (2020) ‘Optimalisasi Kinerja Simpang Bersinyal Kawasan Pertokoan Majene’, Bandar: Journal of Civil Engineering, 2(2), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.31605/bjce.v2i2.769.

Sukirman, S. (2003) Dasar - Dasar Perencanaan Geometrik Jalan.

Suryaningsih, O.F., Hermansyah, H. and Kurniati, E. (2020) ‘Analisis Kinerja Simpang Bersinyal (Studi Kasus Jalan Hasanuddin-Jalan Kamboja, Sumbawa Besar)’, INERSIA: lNformasi dan Ekspose hasil Riset teknik SIpil dan Arsitektur, 16(1), pp. 74–84. Available at: https://doi.org/10.21831/inersia.v16i1.31317.

Tamam, M.F. et al. (1997) ‘Studi Kasus: Jalan Tegar Beriman – Jalan Raya Bogor’, JOM: Jurnal Online Mahasiswa Bidang Teknik sipil, pp. 1–10. Available at: https://jom.unpak.ac.id/index.php/tekniksipil/article/download/483.

Tamin, O.Z. (1997) Perencanaan & Pemodelan.

Wahyu, K. et al. (2022) ‘Studi Evaluasi Kinerja Simpang Empat Bersinyal Kebonagung Kota Pasuruan dengan Menggunakan Metode Pkji 2014 dan Software Vissim’, Jurnal Rekayasa Sipil, pp. 80–93. Available at: https://jim.unisma.ac.id/index.php/ft/article/view/15805.

Warsiti, W. et al. (2016) ‘Analisis Kinerja Simpang Bersinyal Pada Jalan Kaligarang–Jalan Kelud Raya–Jalan Bendungan Raya’, Bangun Rekaprima, pp. 32–39. Available at: https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/viewFie455/381.

Wibisono, E. (2019) ‘Analisis Kinerja Simpang Bersinyal di Simpang Papar Untuk Perencanaan Jalan Tol Kertosono-Kediri’, UKaRsT, 3(2), p. 23. Available at: https://doi.org/10.30737/ukarst.v3i2.492.




DOI: https://doi.org/10.29103/tj.v15i1.1200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 M. Afiful Riza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats