Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Biaya Operasional Kendaraan Pada Depan Pasar Simpang Baru, Kota Pekanbaru

Benny Hamdi Rhoma, Edi Yususf Adiman, Muhammad Iqbal Makarim, Rizqy Ridho Prakasa

Abstract


Abstrak

 

Aktivitas Pasar Simpang Baru pada Jalan HR. Soebrantas merupakan hambatan samping yang mengurangi kapasitas jalan dan kecepatan kendaraan. Akibatnya akan berdampak pada kinerja jalan dan biaya operasional kendaraan (BOK). Maka perlu diketahui seberapa besar pengaruh hambatan samping terhadap BOK. Analisis berdasarkan kondisi eksisting dan kondisi tanpa hambatan, serta menggunakan analisis statistik untuk menghitung pengaruhnya. Besar hambatan samping tertinggi adalah 744,3 bobot kejadian, Derajat kejenuhan tertinggi adalah 0,732 (tingkat pelayanan C). BOK kendaraan kondisi eksisting yaitu sebesar Rp. 1.662,22/km untuk kendaraan ringan, Rp. 2.384,86/km untuk kendaraan berat dan Rp. 362,41/km untuk sepeda motor. Setelah hambatan samping dihilangkan nilai derajat kejenuhan menjadi 0,593 (tingkat pelayanan A), BOK kendaraan ringan menjadi 1.423,60/km, BOK kendaraan berat menjadi Rp. 2.260,13/km; dan BOK sepeda motor menjadi Rp. 319,24/km. Besar pengaruh hambatan samping terhadap BOK LV yaitu 50,5%, pengaruh hambatan samping terhadap BOK HV sebesar 38,1%, dan pengaruh hambatan samping terhadap BOK MC sebesar 57,7%.

 

Kata kunci: hambatan samping, biaya operasional kendaraan, kinerja jalan

 

 

 

 

Abstract

 

Simpang Baru market activities on HR. Soebrantas road is a side friction that reduce road capacity and vehicle speed. As a result, it will have an impact on road performance and vehicle operating costs (VOC). So it is necessary to know how much influence side friction on VOC. The analysis based on existing conditions and without side friction conditions, and used statistical analysis to calculate the effect. The highest amount of side friction is 744.3 event. The highest degree of saturation is 0.732 (level of service C). BOK for vehicles in existing condition is Rp. 1,662.22/km for light vehicles, Rp. 2,384.86/km for heavy vehicles and Rp. 362.41/km for motorcycles. After removing side friction, the value of the degree of saturation becomes 0.593 (level of service A), the BOK for light vehicles becomes 1,423.60/km, the BOK for heavy vehicles becomes Rp. 2,260.13/km; and BOK for motorcycles becomes Rp. 319.24/km. The influence of side friction on BOK LV is 50.5%, the influence of side friction on BOK HV is 38.1%, and the influence of side resistance on BOK MC is 57.7%.

 

Keywords: side friction, vehicle operating cost, road performance


Keywords


side friction, vehicle operating cost, road performance

Full Text:

PDF

References


Akbar, A. R. (2021). Perencanaan Kawasan transportasi Di Area Jalan Soebrantas Pekanbaru.

Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI).

Bongga, M. L., Selintung, M., & Bestari, S. (2023). Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Lalu Lintas Jalan Antang Raya Depan Pasar Antang. Paulus Civil Engineering Journal, 5(2), 322–332. https://doi.org/10.52722/pcej.v5i2.641

Dananjaya, D., & Ferdian, A. (2022). Intip Penjualan Truk Ringan Awal 2022, Colt Diesel Mendominasi. www.kompas.com. https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/06/182100915/intip-penjualan-truk-ringan-awal-2022-colt-diesel-mendominasi?page=all

Departemen Pekerjaan Umum. (2005). Perhitungan Biaya Operasi Kendaraan Bagian I. Departemen Pekerjaan Umum.

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1990). Panduan Survay Dan Perhitungan Waktu Perjalanan Perjalanan Lalu Lintas. Direktorat Jenderal Bina Marga, 001.

Firdausi, M., Maskuri, A., Hafizah, N. El, & Putra, K. H. (2022). Pengaruh Parkir Di Badan Jalan Terhadap Biaya Operasional Kendaraan dan Biaya Kemacetan di Jalan Perkotaan Mojokerto. Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan X - Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 1–11.

Herawati, Y., & Mali, P. Y. (2018). Daftar 5 Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang Masa. www.viva.co.id. https://www.viva.co.id/otomotif/mobil/1033038-daftar-5-mobil-terlaris-di-indonesia-sepanjang-masa

Huboyo, H. S., Handayani, W., & Samadikun, B. P. (2017). Potential Air Pollutant Emission From Private Vehicles Based On Vehicle Route. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 70(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/70/1/012013

Mubin, C. (2011). Analisis Biaya Operasi Kendaraan Jenis Sepeda Motor. 66.

Nurfi, H., Riadi, A., & Hardisem. (2015). Pengaruh Modal Sendiri Dan Penerimaan Kredit terhadap Pendapatan Pedagang Kecil di Pasar Simpang Baru Panam Pekanbaru. 1–11.

Pal, S., & Roy, S. K. (2017). Effect of Side Friction on Travel Speed and Road User Cost in Rural Roads of India. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology, 6(2), 22545–22557. https://doi.org/10.15680/IJIRSET.2017.0612077

Parada, A. E. S., & Triyobi, T. (2021). Analisis Faktor Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Kapten Bangsi Sembiring Kabanjahe). Juitech, 5(1), 58–65.

Pentury, C. (2020). Kajian Submodel Biaya Operasi Kendaraan Pada Model HDM-4 Dan Pedoman PD T-15-2005-B. 6(2), 46–52.

Peraturan Menteri Perhubungan NO. KM 14 Tahun 2006 Tentang Manajemen Dan Rekayasa Lalu Lintas Di Jalan, (2006).

Prihatini, A. (2023). Motor Terlaris di Indonesia, Apa Saja? Intip Yuk. www.solopos.com. https://otomotif.solopos.com/motor-terlaris-di-indonesia-apa-saja-intip-yuk-1739230

Putra, B. H. R. (2017). Analisis Kinerja Jalan Perkotaan Studi Kasus Ruas Jalan HR. Soebrantas KM 3 Pekanbaru. Jurnal Rab Construction Research, 2(1).

Salini, S., George, S., & Ashalatha, R. (2016). Effect of Side Frictions on Traffic Characteristics of Urban Arterials. Transportation Research Procedia, 17(December 2014), 636–643. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2016.11.118

Sukwanti, T. K. (2012). Kajian Dampak Perubahan Biaya Opersaional Kendaraan (BOK) Akibat Pengalihan Arus Lalu Lintas Dari Ruas Jalan Cadas Pangeran Ke Jalur Alternatif. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, 23(1), 1–18.

Suliawati, Hernawati, T., & Syafira Dwi Putri. (2021). Penentuan Tarif Pengiriman Barang Berdasarkan Metode Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan. Semnastek, 1(1), 160–167.




DOI: https://doi.org/10.29103/tj.v14i2.1152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Benny Hamdi Rhoma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats