ANALISA GELOMBANG KEJUT PADA LENGAN PERSIMPANGAN TERHADAP ALIRAN ARUS LALULINTAS

Zulfhazli Zulfhazli Abdullah

Abstract


Gelombang kejut terjadi karena adanya pergantian nyala lampu lalu lintas berwarna merah, kendaraan akan berhenti, kepadatan lengan sebelum lampu merah akan meningkat, kecepatan menurun, dan akhirnya terjadi antrian. Gerakan arus lalu lintas yang terjadi pada saat kondisi lampu merah inilah yang disebut dengan gelombang kejut. Perhitungan ukuran kinerja dan kapasitas jalan Indonesia mengaju pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) yang dikeluarkan oleh Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga pada tahun 1997. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik lalu lintas, nilai gelombang kejut serta panjang antrian yang di analisa sesuai teori gelombang kejut. Penelitian dilakukan pada lengan persimpang bersinyal. Hasil analisa diperoleh hasil volume lalu lintas paling padat terjadi pada hari Senin pagi dengan volume 9281,2 smp/jam dengan kerapatan 630,04 smp/km, arus maksimum (Vmak)  didapat dengan menggunakan model Greenshield terjadi pada pagi hari senin dengan nilai arus 303,58 Smp/Jam, nilai gelombang kejut terbesar dan panjang antrian terpanjang terjadi pada hari rabu dengan nilai gelombang kejut 21,48 km/jam dan panjang antrian 197,5 meter. Hal ini menandakan semakin besar nilai gelombang kejut maka semakin besar pula nilai panjang antrian yang didapat.

Keywords


lalu-lintas, persimpangan, gelombang kejut, greeshield

Full Text:

PDF

References


Ansyori Alamsyah, Alik, 2005, Rekayasa Lalu Lintas, Malang, UMM Press, Malang.

Budi Utomo, Heri, 1998, Analisis Gelombang Kejut Pada Jalan Bebas Hambatan dan Persimpangan Berlampu Lalu Lintas, http://www.google.com, Theses. diunduh tanggal 25 November 2011.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Departemen Pekerjaan Umum, Indonesia

Http://www.google.com

Idham, Muhammad, 2000, Analisis Gelombang Kejut Pada Persimpangan Berlampu Lalu Lintas, http://www.google.com, Journal. diunduh tanggal 15 Desember 2014.

Kasan, Muhammad, 1999, Aplikasi Teori Gelombang Kejut Dalam Penentuan Panjang Antrian Kendaraan Pada Lengan Persimpangan Bersinyal, http://www.google.com, Theses. diunduh tanggal 1 Desember 2011.

Morlock, E. K.. 1991, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Jakarta: Erlangga

Tamin, Ofyar Z, 2003, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Contoh Soal dan Aplikasi Edisi Kesatu, ITB, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v6i2.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Teras



P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats