Strategi Penerapan Efektivitas Digital Construction Di Masa Rebound

made novia indriani, I Nyoman Suta Widnyana, I Putu Laintarawan

Abstract


Abstrak

 

Pandemi Covid-19 telah melemahkan berbagai sektor di Indonesia, tidak terkecuali sektor konstruksi. Salah satu sektor yang berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia adalah sektor konstruksi. Adapun tujuan tulisan ini yaitu untuk mengetahui dan memahami strategi dalam penerapan digital construction dalam pelaksanaan konstruksi di masa rebound yaitu saat di mana masa pandemi sudah berangsur-angsur membaik. Penelitian ini adalah proyek konstruksi di Provinsi Bali melalui LPSE (layanan pengadaan secara elektonik) dari Maret 2020 s.d Agustus 2021, yaitu sebanyak 31 paket. Pendekatan dilakukan melalui penelitian kuantitatif deskriptif dengan menganalisis faktor internal serta eksternal yang mencakup kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman berdasarkan tahapan analisis SWOT. Pada penerapan digital construction, direkomendasikan untuk menggunakan strategi agresif dalam pelaksanaan konstruksi di masa rebound. Strategi ini menggunakan kekuatan yang ada di kontraktor untuk memanfaatkan peluang, yaitu dengan memaksimalkan anggaran keuangan untuk memfasilitasi penggunaan perangkat, memaksimalkan kualitas SDM dalam pemanfaatan teknologi digitalconstruction, menjaga kepercayaan dari owner serta meningkatkan kerja sama dengan partner kerja maupun pemasok.

 

Kata kunci: Digital construction, eksternal, internal, rebound, SWOT.

 

 

Abstract

 

The Covid-19 pandemic has weakened various sectors in Indonesia, including the construction sector. One sector that contributes to the Indonesian economy is the construction sector. The purpose of this paper is to find out and understand the strategy in implementing digital construction in the implementation of construction in the rebound period, which is a time when the pandemic period has gradually improved. The research was conducted in the Province of Bali, whose data was collected through the LPSE (electronic procurement service) from March 2020 to August 2021, which consisted of 31 packages. The approach is carried out through descriptive quantitative research by analyzing internal and external factors that include strengths, weaknesses, opportunities and threats based on the SWOT analysis stages. In the application of digital construction, it is recommended to use an aggressive strategy in the implementation of construction in the rebound period. This strategy uses the strengths that exist in contractors to take advantage of opportunities, namely by maximizing financial budgets to facilitate the use of software, maximizing the quality of human resources in the use of digital construction technology, maintaining trust from owners and increasing collaboration with work partners and suppliers.

 

Keywords: Digital construction, external, internal, rebound, SWOT


Keywords


Digital construction, external, internal, rebound, SWOT

Full Text:

PDF

References


Aji, R. 2016. Digitalisasi, Era Tantangan Media (Analisis Kritis Kesiapan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Menyongsong Era Digital). Islamic Communication Journal, 1(1).

Aniswatun Masruroh, Putri, S.M., Ichwayudi, B., Solikin, A. 2023. Strategi Bersaing UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19 Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus UMKM Arusmaya Tuban). Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 6(1): 1–14.

Consultant, P. 2020. Bagaimana Industri Konstruksi Dapat Beroperasi Dengan Efektif Dan Efisien Pada Masa Covid19? [cited Available from: URL: https://pqiconsultant.com/bagaimana-industri-konstruksi-dapat-beroperasi-dengan-efektif-dan-efisien-pada-masa-covid19/

Dian Eka Prangga. 2022. Strategi Pemasaran Layanan Perpajakan Online Dalam Masa Pandemi COVID-19. Sketsa Bisnis, 9(1): 1–9.

Diana, A.I.N. 2020. Tantangan Dunia Konstruksi Pada Era New Normal. [cited Available from: URL: https://wiraraja.ac.id/berita-tantangan-dunia-konstruksi-pada-era-new-normal

Djafar, F. 2018. “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada CV. Idola Indonesia (Doctoral Dissertation, Universitas Komputer Indonesia).”

Duncan, R.W. 2007. Analisa SWOT.

Fahmi, I. 2014. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Humphrey, A.S. 1960. Analisa SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats).

Indra Sakti, Dewi Trirahayu, Amelia Oktrivina. 2023. Understanding Revisit Intention During Covid-19: A Protection Motivation Theory Perspective. Jurnal Manajemen, 27(1): 1–20.

Jozef R. Raco, Yulius Raton, James V. Krejci, Johannes A. Timbuleng, Ronaldo Rottie. 2023. Strategic Priority Of Students’ Online Buying Behaviour In The Pandemic Era. Jurnal Manajemen, 27(1): 144–168.

Lukmandono. 2015. Analisis SWOT Untuk Menentukan Keunggulan Strategi Bersaing Di Sektor Industri Kreatif. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan III. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Maria Helena Carolinda Dua Mea. 2023. Discipline, Work Environment, Commitment, And Performance Of Health Workers In Ende City During The Covid-19 Pandemic: A Perceptional Study. Maker: Jurnal Manajemen, 9(1).

Mayang, A., Marlina, D., Ratnawati, S. 2022. Mendobrak Pandemi Melalui Wirausaha Dengan Pendekatan Planned Behavior Theory. Jurnal Ilmu Manajemen, 19(1): 1–12.

Noki, E., Ukkas, I., Goso, G., ... 2023. Peran Leadership Dan Collaboration Dalam Mendukung Digital Skill Pengusaha Muda Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen …, 1–14.

PUPR, K. Instruksi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 02/IN/M/2020. , (2020).

PUPR, K. Kebijakan Dan Perubahan Di Sektor Jasa Konstruksi Di Masa Pandemi. , (2020).

Rangkuti, F. 2004. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, F. 2013. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT Cara, Perhitungan Bobot, Rating dan OCAI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Subroto, M.R.S., Ruscitasari, Z. 2022. Analisis Keuangan Usaha Kerajinan Batik Kayu Dalam Memanfaatkan Teknologi Digital Pada Masa Pademi Covid-19 Di Desa Krebet, Pajangan Bantul. Jurnal Ilmu Manajemen, 19(1): 30–38.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. 2006. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Widiatmoko, A.C. 2009. “Kajian Terhadap Strength, Weakness, Opportunities, Threats Kontraktor Dalam Industri Jasa Konstruksi Sub Bidang Bangunan Gedung Dan Perumahan (Studi Kasus Pada Kontraktor Golongan Kecil Di Surakarta).” Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Wijonarko, G., Amaliyah, A. 2023. Peran Green Human Resource Management Dalam Implementasi CSR Pengelolaan Lingkungan Yang Berkelanjutan Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Manajemen Dan Organisasi, 14(1): 80–88.

Zaqi, M. 2005. Manajemen Strategi Jasa Konstruksi. Prosiding Seminar Hasil Penelitian, Mahasiswa Pasca Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v13i2.934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 made novia indriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats