Analisis Tinggi Muka Air Kanal Bandara Kota Tarakan Akibat Pengaruh Pasang Surut Menggunakan HEC-RAS 6.0

Aswar Amiruddin, Muhamad Roem, Rahmat Faizal

Abstract


Abstrak

 

Banjir akibat air pasang atau banjir rob merupakan salah satu bencana yang sering terjadi di wilayah pesisir yang menggenangi bagian daratan di wilayah pesisir yang memiliki ketinggian (elevasi) lebih rendah dari muka air laut pasang tinggi. Kejadian banjir akibat pasang ini sudah memasuki area pemukiman penduduk di beberapa titik lokasi di Tarakan termasuk di sekitar kanal bandara Kota Tarakan. Berdasarkan pengamatan lapangan terdapat pemukiman warga di sisi kiri aliran kanal bandara Kota Tarakan, sehingga genangan mengganggu aktivitas warga. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinggi muka air pada penampang kanal bandara Kota Tarakan akibat pasang surut dan banjir rancangan periode ulang 5 dan 10 tahunan. Metode yang digunakan untuk menganalisis tinggi muka air kanal bandara Kota Tarakan yakni menggunakan software HEC-RAS. Berdasarkan hasil analisis tinggi muka air menggunakan HEC-RAS diperoleh tinggi muka air penampang kanal bandara Kota Tarakan akibat banjir 5 tahunan dan 10 tahunan yang terjadi bersamaan dengan pasang tertinggi (HHWL) diperoleh tinggi muka air pada penampang sta 0+100 – 1+000 sebesar 3,8 m dan penampang 1+100 – 1+500 sebesar 3,81 m. Dari hasil penelitian ini maka disarankan pemerintah membangun pengendalian banjir dengan membuat tanggul dengan elevasi +4,5 m dari datum muka air terendah (LLWL).

 

Kata kunci: Banjir rancangan, HEC-RAS, pasang surut, tinggi muka air,

 

Abstract

 

Floods caused by high tides or tidal floods are one of the disasters that often occur in coastal areas that inundate the mainland areas in coastal areas that have lower elevations than the high tide sea level. The occurrence of tidal floods has entered residential areas at several locations in Tarakan, including around the Tarakan City airport canal. Based on field observations, there are residential areas on the left side of the Tarakan City airport canal, so the inundation disturbs the activities of the residents. Based on this problem, this study aims to determine the water level in the section of the Tarakan City airport canal due to tidal floods and floods with a 5-year and 10-year return period. The method used to analyze the water level of the Tarakan City airport canal is by using the HEC-RAS software. Based on the analysis results of the water level using HEC-RAS, the water level in the Tarakan City airport canal section due to a 5-year and 10-year flood that occurs simultaneously with the highest tide (HHWL) was obtained the water level at the sta 0+100 - 1+000 section is 3,8 m and the section of 1+100 - 1+500 is 3,81 m. From the results of this study, it is recommended that the government build flood control by constructing embankments with an elevation of +4,5 m from the lowest water level datum (LLWL).

 

Keywords: Flood design, HEC-RAS, tides, water level,


Keywords


Flood design, HEC-RAS, tides, water level

Full Text:

PDF

References


Dewi, R.C., Hakim, O.S., Siadari, E.L., 2018. Pemodelan MIKE21 Dalam Kejadian Banjir Rob Menjelang Gerhana Bulan Di Pesisir Semarang. J. Meteorol. Klimatol. Dan Geofis. 5, 46–52. https://doi.org/10.36754/jmkg.v5i3.74

Dina ‘Amalina, A., Atmodjo, W., Setiyo Pranowo, W., 2019. Karakteristik Pasang Surut di Teluk Jakarta Berdasarkan Data 253 Bulan. J. Ris. Jkt. 12, 25–36. https://doi.org/10.37439/jurnaldrd.v12i1.7

Faradiba, 2021. Analysis of Intensity, Duration, and Frequency Rain Daily of Java Island Using Mononobe Method. J. Phys. Conf. Ser. 1783, 012107. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012107

Ichsari, L.F., Handoyo, G., Setiyono, H., Ismanto, A., Marwoto, J., Yusuf, M., Rifai, A., 2020. Studi Komparasi Hasil Pengolahan Pasang Surut Dengan 3 Metode (Admiralty, Least Square Dan Fast Fourier Transform) Di Pelabuhan Malahayati, Banda Aceh. Indones. J. Oceanogr. 2, 121–128. https://doi.org/10.14710/ijoce.v2i2.7985

Joesidawati, M.I., 2013. Kajian Perubahan Iklim Dan Kenaikan Muka Air laut Di Kawasan Pesisir (Studi Kasus : Kabupaten Tuban). Ekologia 13.

Krisnayanti, D.S., Welkis, D.F.B., Hepy, F.M., Legono, D., 2020. Evaluasi Kesesuaian Data Tropical Rainfall Measuring Mission (TRMM) dengan Data Pos Hujan Pada Das Temef di Kabupaten Timor Tengah Selatan. J. Sumber Daya Air 16, 51–62. https://doi.org/10.32679/jsda.v16i1.646

Natakusumah, D.K., Hatmoko, W., Harlan, D., 2011. Prosedur Umum Perhitungan Hidrograf Satuan Sintetis dengan Cara ITB dan Beberapa Contoh Penerapannya. J. Tek. Sipil 18, 251. https://doi.org/10.5614/jts.2011.18.3.6

Pratiwi, Z.N., Santosa, P.B., 2021. Pemodelan dan Visualisasi Genangan Banjir untuk Mitigasi Bencana di Kali Kasin, Kelurahan Bareng, Kota Malang. J. Geospatial Inf. Sci. Eng. 4.

Prayogo, L.M., 2021. Metode Kuadrat Terkecil Untuk Analisis Konstanta Harmonik Pasang Surut Air Laut Di Pulau Gili Raja, Kabupaten Sumenep, Madura. Pena Akuatika J. Ilm. Perikan. Dan Kelaut. 20. https://doi.org/10.31941/penaakuatika.v20i1.1233

Rahmanto, M.R., Susetyo, C., 2018. Pemodelan Spasial Genangan Banjir Akibat Gelombang Pasang di Wilayah Pesisir Kota Mataram. J. Tek. ITS 7, 33–37. https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i1.28908

Sauda, R.H., Nugraha, A.L., Hani’ah, 2019. Kajian Pemetaan Kerentanan Banjir ROB Di Kabupaten Pekalongan. J. Geod. Undip 8.

Setiawati, F.Z., Soraya, Syf.N., Siswanto, Wandayantolis, 2020. Analisis Bias Data Observasi Paralel Di Stasiun Klimatologi Mempawah-Kalimantan Barat. J. Meteorol. Dan Geofis. 20.

Suripin, 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Andi Publisher, Yogyakarta.

Syafitri, A.W., Rochani, A., 2022. Analisis Penyebab Banjir Rob di Kawasan Pesisir Studi Kasus: Jakarta Utara, Semarang Timur, Kabupaten Brebes, Pekalongan. J. Kaji. Ruang 1, 16. https://doi.org/10.30659/jkr.v1i1.19975

Triatmodjo, B., 2010. Hidrologi Terapan. Beta Offset.

Triatmodjo, B., 2008. Teknik Pantai. Beta Offset, Yogyakarta.

Wesli, 2008. Drainase Perkotaan. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wijaya, S., Juniwati, A., 2018. Rusun Nelayan di Tarakan. EDIMENSI Arsit. VI, 1–8.

Zulaykha, S., Subardjo, P., Atmodjo, W., 2015. Pemetaan Daerah Yang Tergenang Banjir Pasang Akibat Pasang Surut Air Laut Di Pesisir Kota Tegal. J. Oseanografi 4.




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v13i2.868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Aswar Amiruddin, Muhamad Roem, Rahmat Faiizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats