Evaluasi Dan Penanganan Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Surface Distress Index Pada Ruas Jalan Ahmad Malawat Kota Tidore Kepulauan
Abstract
Abstrak
Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang banyak digunakan di suatu wilayah, kondisi jalan mempengaruhi aktivitas setempat. Penelitian ini untuk mengidentifikasi sifat dan tingkat kerusakan di Jalan Ahmad Malawat dan cara mengatasinya. Panjang jalan yang disurvei adalah 2650 m dan metode yang digunakan adalah Surface Distress Index (SDI). Data yang dibutuhkan untuk penyelidikan ini adalah dimensi kerusakan panjang, lebar dan kedalaman kerusakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis dan tingkat kerusakan jalan adalah bekas roda kendaraan sebesar 50,57%, retak sebesar 28,64%, lubang sebesar 16,30%, dan amblas sebesar 4,49%. Penanganan kerusakan berdasarkan jenis kerusakan pada permukaan jalan adalah:STA.0+800 – STA.2+000 dan STA.2+600 – STA.2+650 dalam kondisi baik, maka penanganannya dengan pemeliharaan rutin. Kondisi jalan ditangani dengan pemeliharaan berkala Pada STA.0+000 – STA.0+200 dan STA.2+400 – STA.2+600. Perawatan harus dilakukan dengan rehabilitasi untuk STA.0+200 – STA.0+600 dan STA.2+000 – STA.2+400 serta STA.0+600 – STA.0+800 dengan rekonstruksi.
Kata Kunci: Surface Distress Indeks, Kerusakan Jalan, Jenis Penanganan
Abstract
The Road is a means of land transportation widely used in an area, and road conditions affect local activities. This research is to identify the nature and level of damage on Ahmad Malawat Street and how to overcome it. The length of the surveyed road is 2650 m, and the method used is the Surface Distress Index (SDI). The data needed for this investigation are the dimensions of the damage length, width, and depth of damage. The results showed that the type and level of road damage were vehicle ruts by 50.57%, potholes by 16.30%, cracks by 28.64%, and sinking by 4.49%. The handling of damage based on the type of damage to the road surface is STA.0+800 – STA 2+000 and STA.2+600 – STA.2+650 in good condition, so handling it with regular maintenance. Road conditions are handled with periodeic maintenance At STA.0+000 – STA.0+200 and STA.2+400 – STA 2+600. The treatment must be carried out with rehabilitation for STA.0+200 – STA.0+600 and STA.2+000 – STA.2+400, STA.0+600 – STA.0+800 with reconstruction.
Keywords: Surface Distress Indeks, Road Damage, Handling Type
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aptarila, G., Lubis, F., & Saleh, A. (2020). Analisis Kerusakan Jalan Metode SDI Taluk Kuantan-Batas Provinsi Sumatera Barat. Siklus: Jurnal Teknik Sipil, 6(2), 195–203.
Artiwi, N. P., Amilia, E., & Abadi, H. J. (2021). Analisa Kerusakan Jalan Pada Ruas Jalan Raya Jakarta KM. 04 Kota Serang Menggunakan Metode PCI (Pavement Condition Index) dan SDI (Surface Distress Index). Journal of Sustainable Civil Engineering (JOSCE), 3(1), 59–72. https://doi.org/10.47080/josce.v3i1.1120
Bina Marga, (2011). Manual Konstruksi dan Bangunan No.001-01/BM/2011 Tentang Survei Kondisi Jalan Untuk Pemeliharaan Rutin. In Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga.
Elias, A., Manurung, A. E., Sudibyo, B. S., Hariyadi, E. S., & Hendarto, S. (2015). Analisis Perhitungan Surface Distress Index (SDI) Menggunakan Data Hawkeye. Prosiding Simposium FSTPT XVIII, 1–11.
Gusnilawati, A., Chrisnawati, Y., & Maryunani, W. P. (2021). Analisis Penilaian Faktor Kerusakan Jalan Dengan Perbandingan Metode Bina Marga, Metode PCI (Pavement Condition Index), Dan Metode SDI (Surface Distress Index). Jurnal Rekayasa Infrastruktur Sipil, 15–24.
Marpen, R. (2021). Analisa Kondisi Kerusakan Jalan Kabupaten Tan-jung Api-Api - Gasing Berdasarkan Metode SDI. Bearing, 7(1), 1–9.
Muhaimin, M., Winayati, W., & Soehardi, F. (2022). Analisis Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode Surface Distress Index (SDI) (Studi Kasus: Jalan Meranti Kota Pekanbaru Provinsi Riau). Jurnal Inersia, 14(1), 35–40. https://doi.org/10.33369/ijts.14.1.35-40
Permadi, D., Widianto, B. W., & Hudayat, Y. (2021). Analisis Kondisi Permukaan Perkerasan Jalan Dengan Menggunakan Metode Survey SDI dan RCI Serta Penanganannya. Seminar Nasional Dan Diseminasi Tugas Akhir, 1–6.
Permen PU13-201, . (2011). Tata Cara Pemeliharaan Dan Penilikan Jalan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.
Sandyna, A. N., Elfichra, A., Aqilla, A., Novaldi, K., & Adiman, E. Y. (2022). Analisis Perbandingan Tingkat Kerusakan Jalan Pada Perkerasan Lentur Dengan Metode PCI Dan Metode SDI (Studi Kasus: Jalan As-Shofa Pekanbaru. Journal of Infrastucture and Civil Engneering, 2(2), 95–105.
Sangle, P. R., Tonapa, Suryanti. R., & Kamba, C. (2021). Studi Tingkat Kerusakan Permukaan Jalan Dengan Kombinasi Nilai Surface Distress Index Dan International Roughnes Index. Matriks Teknik Sipil, 9(1), 15–22. https://doi.org/10.20961/mateksi.v9i1.48729
Sembiring, N. I., Siahaan, R., & Naibaho, P. D. R. (2022). Analisis Kondisi Kerusakan Jalan Berastagi-Simpang Empat, Kabupaten Karo, Dengan Metode PCI Dan SDI. Jurnal Manajemen Riset Dan Teknologi, 3(2), 97–107.
Tho’atin, U., Setyawan, A., & Suprapto, M. (2016). Penggunaan Metode International Roughness Index (IRI), Surface Distress Index (SDI) Dan Pavement Condition Index (PCI) Untuk Penilaian Kondisi Jalan Di Kabupaten Wonogiri. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, 1–9.
Yahya, R., Aman, M. Y. bin, Suraji, A., & Halim, A. (2019). Analisis Kerusakan Jalan Menggunakan Metode Pavement Condi-tion Index (PCI) Dan Surface Distress Indek (SDI). Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2019), 355–362.
Yastawan, I. N., Wedagama, D. M. P., & Ariawan, I. M. A. (2021). Penilaian Kondisi Jalan Menggunakan Metode SDI (Surface Distress Index) Dan Inventarisasi Dalam GIS (Geographic Information System) Di Kabupaten Klungkung. Jurnal Spektran, 9(2), 181–188. http://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/index
DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v13i1.831
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rusdi Ibrahim, Mufti Amir Sultan, Sabaruddin Sabaruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons "Attribution-ShareAlike”
Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)
March and September
In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe