Kinerja Simpang Pendem Kota Batu di Era Pandemi Covid-19 (Jl. Ir. Soekarno – Jl. Dr. M. Hatta)

Ita Suhermin Ingsih, George Winaktu

Abstract


Abstrak

 

Pandemi Covid-19 yang berawal di tahun 2019 sampai sekarang yaitu tahun 2022, memberikan pengaruh yang cukup besar pada pergerakan manusia, barang, dan jasa. Terjadinya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan berbagai istilah yang ada sebelumnya, mengharuskan masyarakat membatasi kegiatannya di luar rumah sehingga mayoritas aktifitas masyarakat dilakukan dari rumah atau biasa disebut dengan work from home (WFH). Banyaknya sektor pariwisata yang tersebar di Kota Batu yang tutup berpengaruh besar pada jumlah volume kendaraan yang menuju arah Kota Batu. Penurunan jumlah kendaraan berpengaruh pada kinerja simpang Pertigaan Pendem. Metode yang digunakan untuk mengetahui kinerja simpang yaitu berdasarkan manual kapasitas jalan Indonesia tahun 1997. Parameter kinerja simpang adalah derajat kejenuhan, tundaan, probabilitas antrian. Dari perhitungan didapatkan nilai DS adalah 0,31 dengan nilai tundaan berkisar antara 2,39 sampai 7,06. Sehingga kinerja simpang berada pada level B yaitu Baik. Selama masa pandemic Covid 19, terutama pada saat diberlakukannya PPKM level 1-4, dan pada saat survei dilaksanakan, Malang Raya sedang berada pada PPKM Level 3. Hal ini menyebabkan penurunan tingkat volume kendaraan sebesar 83,7%. Penurunan volume kendaraan ini menyebabkan kinerja simpang Pendem juga berada pada level B dari sebelumnya level F.

 

Kata kunci: Pertigaan Jl. Ir. Soekarno – Jl. Dr. M. Hatta, MKJI 1997, DS, tundaan, antrian

 

Abstract

 

The Covid-19 pandemic, which began in 2019 until now, in 2022, has considerably influenced the movement of people, goods, and services. The implementation of Community Activity Restrictions (PPKM) requires the community to limit their activities outside the home so that most activities are carried out from home or work from home (WFH). The number of tourism sectors scattered in Batu City, which is closed, affects the volume of vehicles heading towards Batu City. The decrease in the number of vehicles affects the performance of the Pendem T-junction. The method used to determine the performance of the intersection is based on the 1997 Indonesian road capacity manual. The performance parameters of the intersection are the degree of saturation, delay, and queue probability. From the calculation, the DS value is 0.31, with a delay value ranging from 2.39 to 7.06. The performance of the intersection is at level B, which is Good. During the survei was conducted, Malang Raya was at PPKM Level 3. This condition caused a decrease in vehicle volume levels by 83.7%. This decrease in vehicle volume causes the performance of the Pendem intersection to be at level B from the previous level F.

 

Keywords: Jl. Ir. Soekarno – Jl. Dr. M. Hatta Junction, MKJI 1997, degree of saturation, delay, queue


Keywords


Jl. Ir. Soekarno – Jl. Dr. M. Hatta Junction, MKJI 1997, degree of saturation, delay, queue

Full Text:

PDF

References


Alam, N., & Amin, M, 2015. Aplikasi Pemilihan Rute Alternatif Akibat Kemacetan Lalu Lintas di Kota Makassar Menggunakan Google API dan ASP.Net. Pekommas, 18(2), 93–104.

Fatima, 2020. Artikel Ilmiah Artikel Ilmiah. STIE Perbanas Surabaya, 101, 0–16.

Hardianto, W. T., Emelia, E., & Chornelia W, R. M, 2021. Strategi Pengelolaan Pariwisata di Masa Covid-19 (Studi di Wisata Taman Dolan, Desa Pandanrejo, Kota Batu). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 5(1), 38. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v5i1.3144

Irawati, I., & Muldiyanto, A, 2020. Analisis level of service pada simpang bersinyal menggunakan model mikrosimulasi (studi kasus: Simpang Medoho-Semarang). Teknika: Jurnal Sains Dan Teknologi, 16(1), 97. https://doi.org/10.36055/tjst.v16i1.7591

Kaat, E. O., Merry, R., & Wulandary, C, 2019. Kunjungan Wisata Ke Kota Batu. 8(1), 93–96.

Kurniawan, Y, 2013. Kota Batu Berdasarkan Peraturan Pemerintah No . (Studi di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Batu ). 19, 1–21.

Menekan, U., Emisi, P., Di, C. O., Batu, K, 2022. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara e-ISSN 2614-2945 Volume 9 Nomor 1 , Bulan April Tahun 2022 Deskripsi Kondisi Ruang Terbuka Hijau Dan Upaya-Upaya Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara e-ISSN 2614-2945 Volume 9 Nomor 1 , Bulan . 9, 73–85.

Nugroho, M. W., & Yulianto, T, 2021. Karakteristik Sosial Ekonomi Dan Perilaku Transportasi Digital Di Kota Jombang. Teras Jurnal, 11(2), 499. https://doi.org/10.29103/tj.v11i2.565

Pamungkas, F. Y, 2017. Perencanaan Lahan Parkir Pusat Kuliner Pazkul Di Perumahan Kahuripan Nirwana, Sidoarjo. 119. http://repository.its.ac.id/2553/

Perwira, S. A., Murwadi, H., Munawaroh, A. S., & Ishar, S. I, 2019. Identifikasi Area Berpotensi Macet di Kawasan Pendidikan Jl. Z.A. Pagar Alam Bandarlampung. Jurnal Arsitektur, 9(2), 27. https://doi.org/10.36448/jaubl.v9i2.1260

Puspitasari, I., Saleh, M., & Yunitasari, D, 2018. Analisis Kontribusi Sektor Priwisata Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Batu Periode Tahun 2011-2015. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 5(1), 11. https://doi.org/10.19184/ejeba.v5i1.7720

Rorong, N., Elisabeth, L., & Waani, J. E, 2015. Analisa Kinerja Simpang Tidak Bersinyal Di Ruas Jalan S. Parman Dan Jalan Di. Panjaitan. Jurnal Sipil Statik. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jss/article/view/10668

Sartini Gire, 2019. Evaluasi Tingkat Pelayanan Simpang Tiga Tak Bersinyal Pada Persimpangan Pendem (Jl. Raya Dadaprejo Jl. Dr. Moh. Hatta Jl. Ir. Soekarno) Kota Batu - PDF Download Gratis.pdf.

Sidiq, M. I., Nurmayadi, D., Sholahudin, F, 2021. Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus Di Simpang 3 Kudang, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya). Teras Jurnal, 11(2), 329. https://doi.org/10.29103/tj.v11i2.501

Sipil, J. T., Teknik, F., Malang, U. M, 2021. Analisa Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Panglima Sudirman – Trunojoyo Kota Batu.

Studi, P., Iv, D., Pariwisata, F., & Udayana, , 2019. Prosiding Penelitian Lapangan I Identifikasi Kepariwisataan Melalui 4a Di Kota Batu , Malang Program Studi Diploma Iv Pariwisata.

Suprojo, A., & Siswanto, B, 2017. Pembangunan Kota Wisata Batu Dalam Perspektif Sosial dan Ekonomi Masyarakat (Suatu Kajian Perspktif Perubahan Sosial dan Ekonomi). Reformasi, 7(1), 78–87.

Surjono, Dimas Wisnu Adrianto, P. S. Y, 2013. Karakteristik Objek Wisata Buatan Kota Batu. PROKONS Jurusan Teknik Sipil, 7(1), 50. https://doi.org/10.33795/prokons.v7i1.36

Triyono, A, 2020. Susunan Redaksi. Warta LPM, 23(2). https://doi.org/10.23917/warta.v23i2.10950

Vera Firdaus, 2017. Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Berprestasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Ikip Pgri Jember. Humaniora, 14(2), 45–53.

Yuwono, T. E, 2020. Penentuan Jalur Pariwisata Kota Batu dengan Menggunakan Algoritma Dijkstra.




DOI: https://doi.org/10.29103/tj.v12i2.763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Copyright (c) Ita Suhermin Ingsih, George Winaktu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats