Analisis Daya Dukung Axial Pondasi Tiang Pancang Dengan Menggunakan Metode Kalendering Hasil Uji Pile Driving Analyzer
Abstract
Abstrak
Pondasi adalah sebuah sistem rekayasa yang bekerja dengan meneruskan dan menopang beban serta beratnya sendiri ke tanah dasar (bearing layer) yang terletak di bawah pondasi. Jembatan Alue Lamteh merupakan jembatan yang berlokasi di Kecamatan Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar berada pada koordinat 5°23’42,4” LU dan 95°29’35,9” BT. Jembatan ini masuk ke dalam Ruas Jalan Nasional Banda Aceh-Medan akan melayani pergerakan lalu lintas yang tergolong padat dengan banyak dilintasi oleh truk bermuatan besar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis daya dukung dinamis pondasi tiang pancang melalui penggunaan data pengujian kalendering pada pekerjaan jembatan tersebut dengan menggunakan metode formula dinamik, ada tiga metode analisis yang digunakan, yaitu masing masing menggunakan metode Danish, metode AASHTO dan metode Gates dengan menggunakan data final set (s) capaian yang diizinkan untuk masing metode sebesar 24, 16 dan 12 mm. Hasil analisis kapasitas daya dukung dinamik yang diperoleh dengan ketiga metode tersebut, yakni dengan menggunakan metode Danis. AASHTO dan Gates, masing-masing ditemukan daya dukung dinamik yang semakin meningkat dari 121,477 ton paling rendah, meningkat menjadi 241.047 ton dan menjadi 1267,051 ton sebagai daya dukung dinamis paling besar.
Kata kunci: Pondasi tiang pancang, pengujian kalendering, formula dinamis, final set.
Abstract
The foundation is an engineering system that works by transmitting and supporting the load and its own weight into the subgrade (bearing layer) located below it. The Alue Lamteh Bridge is a bridge located in Kuta Cot Glie District, Aceh Besar Regency with coordinates at 5°23'42.4" North Latitude and 95°29'35.9" East Longitude. The bridge that enters the Banda Aceh-Medan National Road Section has a relatively heavy traffic movement with many large trucks being traversed. The purpose of this study was to analyze the dynamic bearing capacity of the pile foundation using calendaring test data on the Alue Lamteh Bridge widening project using the dynamic formula method, namely using the the Danis method, AASHTO method and the Gates method. Based on the results of the calculation of the carrying capacity of the carrying capacity using the the Danis method, AASHTO method and the Gates method, it was found that the largest dynamic carrying capacity value was using the Gates method, with the final set value 24, 16 and 12 mm respectively. of 121.477 ton, 241.047 ton and 1267,051 tons. while the large value of dynamic carrying capacity is using the Gates method.
Keywords: pile foundations, calendering test, dynamic formula, final set.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, 2008. Analisa Perbandingan Biaya Pelaksanaan Pondasi Tiang Pancang dan Bor Pile Jembatan Suramadu. Neutron 8, 1–13.
Bowles, J.E., 1997. Analisa dan Desain Pondasi Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Mulyono, T., 2015. Teknik Fondasi II. JTS.FT.UNJ, Jakarta.
Munirwan, R.P., Munirwansyah, M., Jamaluddin, K., Gunawan, H., Mubarak, A.Z., Ramadhansyah, P.J., Youventharan, D., 2020. Liquefaction Potential Analysis of Reusep Prestress Bridge in Pidie Jaya due to 6.4 Mw Earthquake. IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng. https://doi.org/10.1088/1757-899X/712/1/012010
Munirwansyah, Irsyam, M., Munirwan, R.P., Yunita, H., Munirwan, H., 2020. Safety factors and stability analysis of escape hill critical high towards tsunami free-board and run-up level. IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng. https://doi.org/10.1088/1757-899X/796/1/012036
Munirwansyah, M., Munirwan, R.P., Yunita, H., 2018. Geotechnical Engineering Aspect Related to Pidie Jaya–Aceh Earthquake Disaster and Mitigation. Int. J. Adv. Sci. Eng. Inf. Technol. 8, 870–875. https://doi.org/10.18517/ijaseit.8.3.4189
Pratama, R.R., 2019. Analisa Daya Dukung Tiang Pancang Berdasarkan Hasil Data Kalendering Pada Proyek Icon City Delta Mas, Cikarang Pusat, Bekasi. J. Tek. Sipil Univ. Pakuan 1–7.
Santoso, H.T., Hartono, J., 2020. Analisis Perbandingan Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Berdasar Hasil Uji Spt Dan Pengujian Dinamis. J. Ris. Rekayasa Sipil 4, 30. https://doi.org/10.20961/jrrs.v4i1.44635
Struyk, H.J., Van der Veen, K.H.C.W., 1984. Jembatan. P.T. Pradnya Paramita, Jakarta.
Sungkar, M., Munirwansyah, M., Munirwan, R.P., Safrina, D., 2020. Slope stability analysis using Bishop and Finite Element Methods. IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng. https://doi.org/10.1088/1757-899X/933/1/012035
Tobing, B.M.L., 2019. Perbandingan Kapasitas Penggunaan Formula Dinamis Pada Tiang Pancang Sebagai Kontrol Daya Dukung. J. Civ. Eng. Student 1, 43–49.
DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v12i1.618
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Munirwansyah Munirwansyah, Reza Pahlevi Munirwan, Fauzan Mufid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons "Attribution-ShareAlike”
Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)
March and September
In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe