Manajemen Lalu Lintas Akibat Pembangunan Trans Studio Mall Banda Aceh

Jafaruddin Husin, Noer Fadhly, Ashfa Ashfa

Abstract


Abstrak

 

Trans Studio Mall merupakan salah satu mall di Kota Banda Aceh yang terletak di jalan T. Panglima Nyak Makam, tepatnya di samping Hermes Hotel. Mall ini memiliki luas lahan mencapai 13.302 m². Daerah ini memiliki intensitas kegiatan yang cukup tinggi, karena Jalan T. Panglima Nyak Makam merupakan komersil. Beroperasinya Trans Studio Mall juga dapat menimbulkan dampak lalu lintas di beberapa ruas jalan di Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan memberikan skenario manajemen lalu lintas seperti melakukan penanganan terhadap jalinan jalan (weaving) dengan mengalihkan pintu keluar kendaraan Trans Studio Mall ke jalan Mon Kuta menuju ke arah Lambhuk serta pengaturan marka jalan salah satunya dengan menutup arah putar balik (U-Turn) dan mengalihkannya ke arah putar balik berikutnya. Perhitungan kinerja jalan, weaving dan U-turn menggunakan metode MKJI 1997. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan kinerja lalu lintas pada kondisi eksisting di jalan T. P. Nyak Makam dengan tingkat pelayanan D, maka dilakukan Skenario I yaitu penanganan weaving dengan mengalihkan pintu keluar kendaraan Trans Mall, hal ini diperlihatkan dengan nilai DS sebelum dilakukan penanganan adalah sebesar 0,82 menjadi 0,71 dengan tingkat pelayanan D menjadi C, skenario II Perancangan median tanpa bukaan di depan Hermes Hotel dapat memperbaiki manajemen lalu lintas dari tingkat pelayanan pada kondisi eksisting rata-rata D menjadi tingkat pelayanan jalan B.

 

Kata kunci: Kinerja lalu Lintas, MKJI 1977, Weaving, U-Turn

 

 

 

Abstract

 

Trans Studio Mall is one of the malls in Banda Aceh City, which is located on Jalan T. Panglima Nyak Makam, right next to the Hermes Hotel. This mall has a land area of 13,302 m². This area has a fairly high activity intensity, because Jalan T. Panglima Nyak Makam is commercial. The operation of Trans Studio Mall can also cause traffic impacts on several roads in Banda Aceh City. The purpose of this study is to analyze and provide traffic management scenarios such as handling the road (weaving) by diverting the exit of the Trans Studio Mall vehicle to Jalan Mon Kuta towards Lambhuk and setting road markings, one of which is by closing the U-turn direction. Turn) and redirects it in the direction of the next turn. Calculation of road performance, weaving and U-turn using the 1997 MKJI method. Based on the results of research that has been carried out on traffic performance on the existing condition on the TP Nyak Makam road with service level D, Scenario I was carried out, namely handling weaving by diverting the exit of the Trans Mall vehicle , this is shown by the DS value before handling is 0.82 to 0.71 with service level D to C, scenario II The design of the median without openings in front of the Hermes Hotel can improve traffic management from the service level to the average existing condition D being the road service level B.

 

Keywords: Traffic Performance, MKJI 1977, Weaving, U-Turn


Keywords


Traffic Performance, MKJI 1977, Weaving, U-Turn

Full Text:

PDF

References


Anonim, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI ), Direktorat Jenderal Bina Marga, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta

Ashfa Achmad, 2020. The impacts of land use and cover changes on ecosystem services value in urban highland areas, Sustainable Communities In Urban And Regional Planning, The 1st International Conference On Planning Towards Sustainability (ICoPS), Surakarta, 6-7 November 2019, IOP Publishing, 1755-1315.

Badan Pusat Statistik, 2019. Kota Banda Aceh Dalam Angka. Bappeda Kota Banda Aceh

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Dirjen Bina Marga Departemen PU, Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 2007. Pedoman Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pengembangan Kawasan di Perkotaan, Bina Marga, Jakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, 2019. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor KM 14 Tahun 2006, Jakarta.

Fadhly, Noer, 2018. Implementation of Transit Oriented Development in Handling Congestion Effect on Urban Sprawl Phenomenon and Traffic Growth in Banda Aceh. 3rd Annual Applied Science and Engineering Conference (AASEC 2018), IOP Conf. Series: Material Science and Engineering 434 (2018) 012200.

Iqbal, M.I., 2012. Pengaruh Keberadaan Fasilitas Pelayanan Publik Terhadap Penurunan Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Rumah Sakit Harapan Bunda dan Cempaka Lima). Magister Teknik Sipil, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh.

Irawan. Zudhy, 2014. Volume Lalu Lintas , Oktober 2014.

Morlok, E.K, 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Munawar, A., 2006. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan. Beta Offset, Jogjakarta.

Noor, J., 2012. Metodologi Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah). Penerbit Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Puspita. AJ, 2012. Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalan) Pada Jalan T. Umar Ditinjauan dari Tata Ruang Kota Banda Aceh, Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

Syahidin, 2005. Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pengoperasian Mal Jogjatronik Yokyakarta, Tesis Megister. Teknik Transportasi, Program Studi Sistem dan Teknik Transportasi. UGM Jogyakarta.

Tamin, O.Z., 2008. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB, Bandung. Undang-undang No.14, Tahun 1992. Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Widodo. A.S, 2007. Analisis Dampak Lalu Lintas (andalan) Pada Pusat Perbelanjaan yang Telah Beroperasi ditinjauan dari tarikan Perjalanan. (Studi kasus pada Pasisf Mal Tegal). Program Pacsa Sarjana Universitas Diponegoro Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v12i2.617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jafaruddin Husin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 23/E/KPT/2019
Valid for 5 years, Volume 9 Number 1 Year 2019 to Volume 13 Number 1 Year 2023

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats