ANALISIS PENURUNAN BADAN JALAN KM 605+400 RUAS JALAN SUBULUSSALAM–LIPAT KAJANG DIPERKUAT PONDASI CAKAR AYAM MODIFIKASI
Abstract
Abstrak
Ruas Jalan Subulussalam–Lipat Kajang merupakan salah satu jalan Nasional Lintas Barat–Selatan Provinsi Aceh menghubungkan Kota Subulussalam dengan Kabupaten Aceh Singkil dan menuju Batas Provinsi Sumatera Utara mengalami penurunan pada badan jalan pada Km 605+400. Penurunan disebabkan oleh aliran air dan rendahnya daya dukung tanah serta berubahnya sifat tanah dasar menjadi lunak atau berkurangnya volume akibat proses penyusutan. Oleh sebab itu, diperlukan kajian penurunan kontruksi badan jalan dan upaya penanggulangannya dengan menggunakan pondasi Cakar Ayam Modifikasi (CAM). Kajian ini bertujuan untuk menganalisis penurunan kontruksi badan jalan dengan mendapatkan angka penurunan dalam batas-batas toleransi. Analisis yang dilakukan untuk mendapatkan penurunan yaitu dengan menggunakan program Plaxis 2D. Ruang lingkup penelitian yang akan dilakukan meliputi menganalisis penurunan sebelum dan setelah dilakukan penanganan menggunakan Pondasi Cakar Ayam Modifikasi (CAM) dengan Lebar 80 cm, Tinggi 120 cm dan jarak antar pondasi 250 cm. Hasil analisis penurunan pada kondisi eksisting dengan menggunakan program Plaxis 2D, diperoleh angka penurunan yaitu lebih besar dari 2,5 cm (batas-batas toleransi) dengan jangka waktu di atas 11,36 tahun dalam kondisi badan jalan tidak aman, sedangkan hasil analisis penurunan setelah dilakukan penanganan dengan Pondasi Cakar Ayam Modifikasi (CAM) menggunakan program Plaxis 2D, diperoleh angka penurunan yaitu lebih kecil dari 2,5 cm dengan jangka waktu dibawah Tv 3,60 tahun dalam kondisi badan jalan aman.
Kata kunci: Penurunan, Pondasi CAM, Plaxis 2D
Abstract
Roads Subulussalam - Lipat Kajang is one of the national road along the west – south province of Aceh connect Subulussalam City with Aceh Singkil Regency and heading to the North Sumatra Province Border has decreased on the road body at Km 605 + 400. The decline is caused by water flow and low carrying capacity soil as well as changing the nature of subgrade to soft or reduced volume due to the shrinkage process. Therefore, it is necessary to review the reduction in road construction and efforts to overcome it by using the foundation of CAM. This study aimed to analyze the decrease in construction of the road to get the numbers decrease in the tolerance limits. The analysis is conducted to get the decline using the Plaxis 2D program. The scope of the research will include analyzing the decrease before and after handling using Foundation of CAM with Width 80 cm, Height 120 cm and distance between foundations 250 cm. The results of the analysis of the decline in existing conditions by using the Plaxis 2D program, obtained a decrease in numbers that is greater than 2.5 cm (tolerance limits) with a period of over 11,36 years in unsafe road body conditions, while the results of the analysis of the decline after handling with the foundation of CAM using the Plaxis 2D program, obtained a reduction rate that is smaller than 2.5 cm with a period under TV 3,60 years in safe road body conditions.
Keywords: Sattlement, Foundation of CAM, Plaxis 2D
Full Text:
PDFReferences
Bowles, J. E. (1986). Analisa dan Disain Pondasi (1st ed.). Penerbit Erlangga.
Bowles, J. E. (1993). Sifat-Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah. Penerbit Erlangga.
Broere, W. (2004). Plaxis Finite Element Code for Soil and Rock Analysis. Plaxis Bulletin.
D. Nasution, L., Munirwansyah, M., & Saleh, S. M. (2018). Analisis Hkritis Terhadap Daya Dukung Tanah Dasar. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan, 1(2), 39–46. https://doi.org/10.24815/jarsp.v1i2.10940
Hardiyatmo, H. C. (1996). Teknik Fondasi 1. Gramedia Pustaka Utama.
Hardiyatmo, H. C. (2010). Perancangan Sistem Cakar Ayam Modifikasi untuk Pekerasan Jalan Raya. Gadjah Mada University Press.
Hardiyatmo, H. C. (2017). Perancangan Perkerasan Jalan & Penyelidikan Tanah (2nd ed.). Gadjah Mada University Press.
Punmia, DR. BC. (1981). Soil Mechanics and Foundations. Rajinder Kumar Jain.
Umum, D. P. (2009). Perencanaan dan Pelaksanaan Perkuatan Tanah dengan Geosintetik. Departemen Pekerjaan Umum.
Wirhadi, W., Munirwansyah, M., & Saleh, S. M. (2018). Analisis Stabilitas Lereng Menggunakan Software Plaxis 8.6 Dengan Dinding Penahan Tanah (Retaining Wall) (Studi Kasus Ruas Jalan Nasional Banda Aceh-Medan Sta 83+135 Gunung Seulawah). Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan, 1(3), 76–82. https://doi.org/10.24815/jarsp.v1i1.11768
DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v10i2.317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ali Munir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons "Attribution-ShareAlike”
Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)
March and September
In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe