REVIEW DESIGN STRUKTUR BETON BERTULANG TERHADAP STRUKTUR BAJA PADA STRUKTUR GEDUNG DIATAS TANAH LUNAK

widya apriani, Hendri Rahmat

Abstract


Salah satu permasalahan paling utama dalam pengoptimalisasi desain struktur bangunan adalah pemilihan jenis material struktur dan pemilihan dimensi profil eelemen struktur.Dalam desain struktur, perlu dialkukan analisis untuk meminimalisasi biaya yang dikeluarkan oleh pemilik bangunan.. Umumnya digunakan material beton bertulang sebagai bahan utama, namun pada penelitian ini akan dikaji material baja sebagai bahan utama dan dilakukan perbandingan terhadap kedua material tersebut. Hal ini sangat dibutuhkan dalam perencanaan untuk memperoleh pembiayaan yang paling optimal dan efisien dengan kekuatan struktur yang sama. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode elemen hingga dengan bantuan program SAP 2000.  Hasil penelitian yang diperoleh berupa dimensi profil baja dan beton yang telah sesuai dengan batas kekuatan dan stabilitas struktur serta biaya dari masing masing elemen struktur tersebut. Terdapat perbedaan biaya yang cukup signifikan antara struktur beton bertulang dan struktur baja .Hal ini disebabkan karena  berat sendiri material material baja lebih berat dari beton serta harga satuan  struktur baja lebih mahal dari struktur beton. Pada kajian ini harga baja pada elemen kolom terpaut 15.17% lebih mahal dari elemen beton bertulang. Sedangkan pada elemen balok  terdapat selisih  62.16% lebih mahal struktur baja dibandingkan struktur beton.


Full Text:

PDF

References


Agus Setiawan. 2016a. Perancangan Struktur Beton Bertulang Berdasarkan SNI 2847-2013. 1st ed. Jakarta: Erlangga.

Apriani,W.dkk.2017. Analisis Pengaruh Variasi Bentang Kolom Terhadap Kinerja Struktur Gedung (Studi Kasus: Wilayah Tanah Lunak Dengan Beban Gempa Kuat). Konferensi Nasional Teknik Sipil dan Perencanaan 2017

Apriani,W.dkk.2017. Analisis Struktur Portal Baja Eccentrically Braced. Jurnal SIKLUS

Indonesia, Standar Nasional, and Badan Standardisasi Nasional. 2013. “Beban Minimum Untuk Perancangan Bangunan Gedung Dan Struktur Lain.”

Kadir, Jasman Isman et al. 2017. “Evaluasi Desain Struktur Gedung Training Centre Ii.” Jurnal Karya Teknik Sipil 6(1): 428–37.

Segui, William T. 2005. Aisc 2005.

Setiawan, Agus. 2008. Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD. 2nd ed. Jakarta: Erlangga.

SIMPURUPURA, ANNISA BASSE. 2017. “Komparasi Biaya Struktur Rangka Beton Bertulang Dan Struktur Rangka Baja Pada Gedung Kantor 5 Lantai.” Universitas Bakrie 1(1): 34.

Yovi Surya Futariani. 2017. “Kajian Struktur Baja Sebagai Alternatif Review Design Struktur Beton Bertulang (Studi Kasus Pada Gedung LPTK FT UNY).” Universitas Negeri Yokyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v10i1.254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 widya apriani, Hendri Rahmat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats