SIMULASI BIAYA PENANGANAN JALAN ANTARA PERKERASAN KAKU DAN PERKERASAN LENTUR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen PU. Jakarta.
Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2003. Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003. Departemen Kimpraswil. Jakarta.
American Concrete Pavement Association, 2012. Life Cycle Cost Analysis : A Tool for Better Pavement Invesment and Engineering Decicions. ACPA. Rosemont- Illinois.
Federal Highway Administration of U.S Department of Transportation, 2014. Concrete Pavement Preservation Guide. FHWA. IOWA–United State of America.
Kementerian PUPR, 2015. Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 248/KPTS/M/2015 tentang Penetapan Ruas Jalan Dalam Jaringan Jalan Primer Menurut Fungsinya Sebagai Jalan Arteri (JAP) dan Jalan Kolektor -1 (JKP-1). Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga, 2017. Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 02/M/BM/2017, Kementerian PUPR. Jakarta.
Direktorat Preservasi Jalan, 2016. Bahan Paparan Workshop Penajaman Pemograman dan Pemaketan Preservasi TA. 2017 tanggal 27-30 September 2016 di Batam. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Jakarta.
Bennett, C.R., Patterson, W.D.O., 2000. Highway Development & Mangement (HDM -4) Volume Five: A Guide to Calibration and Adaptation. The World Road Assosiation (PIARC) on behalf of the ISOHDM Sponsors. Paris and The World Bank Wahington DC.
Direktur Preservasi, 2006. Ralat Petunjuk Penyusunan Program Preservasi Jalan Tahun Anggaran 2017. Surat Direktur Preservasi Jalan Ditjen Bina Marga No.PR.0102-Bn/92 tanggal 17 Februari 2016. Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Jakarta.
Fithra, H., Saleh, S.M., 2011. Biaya Preservasi Jalan Akibat Truk dengan Beban Berlebih di Jalan Pesisir Timur Provinsi Aceh. Jurnal Transportasi FSTPT. volume 11. no. 3. pp. 219-227.
Kerali, H.G.R., 2000. Highway Development & Mangement (HDM -4) Volume One: Overview of HDM-4. The World Road Assosiation (PIARC) on behalf of the ISOHDM Sponsors. Paris and The World Bank Wahington DC.
Mallick, R.B., El-Korchi, T., 2013. Pavement Engineering Principle and Practice. CRC Press Taylor & Francis Group. Boca Raton.
Morosiuk, G., Riley,M. J., Odoki, J.B., 2004. Highway Development & Mangement (HDM -4) Volume Six: Modelling Road Deterioration and Works Effect Version 2. The World Road Assosiation (PIARC) on behalf of the ISOHDM Sponsors. Paris and The World Bank Wahington DC.
Robinson, R., Thagesen, B., 2004. Road Engineering for Development Second Edition. Spons Press. London.
Saleh,. S. M., Sjafruddin, A., Frazila., R.B., Tamin, O.Z., 2009. Pengaruh Muatan Truk Berlebih Terhadap Biaya Pemeliharaan Jalan. Jurnal Transportasi FSTPT. vol. 9. no. 1. pp. 79-89.
Syafriana, Saleh, S.M., Anggraini, R., 2015. Evaluasi Umur Layan dengan Memperhitungkan Beban Berlebih di Ruas Jalan Lintas Timur Provinsi Aceh. Jurnal Transportasi FSTPT. vol. 15. no. 2. pp. 115-124.
Tranggono, M., 2013. Kajian Penggunaan HDM-4 untuk Sistem Pengelolaan Perkerasan Jalan di Indonesia. Jurnal Transportasi FSTPT. vol. 13. no. 2. pp. 135-144.
DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v9i2.224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ade Mulyawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons "Attribution-ShareAlike”
Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)
March and September
In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe