STUDI PENENTUAN TARIF TOL RENCANA RUAS JALAN TOL BANDA ACEH – SIGLI
Abstract
Pembangunan infrastruktur sebagai prioritas utama merupakan pilihan yang logis dan strategis dalam meningkatkan daya saing Indonesia sekaligus untuk mengejar ketertinggalan. Beberapa Kota di Indonesia saat ini aktif membangun infrastruktur untuk menunjang aktifitas dan fasilitas masyarakat yang semakin berkembang. Pemerintah Aceh sedang aktif melakukan pembangunan insfrastruktur transportasi diantaranya pembangunan tol ruas jalan Banda Aceh-Binjai. Tol Aceh ini, terdiri dari 4 ruas jalan dengan panjang total 455 km yang terdiri dari ruas jalan tol Banda Aceh-Sigli 75 km, ruas jalan tol Sigli–Lhokseumawe 135 km, ruas jalan tol Lhokseumawe-Langsa 135 km, dan ruas jalan tol Langsa-Binjai 110 km. Pembangunan ruas tol pertama dimulai pada koridor ruas jalan Banda Aceh-Sigli, jalan tol ini nantinya akan menjadi jalan tol pertama di aceh, sehingga diperlukan penelitian terhadap tarif tol rencana untuk ruas jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tarif tol berdasarkan 70% dari Besar Keuntungan Biaya Operasional Kendaraan (BKBOK). Survey dilakukan untuk mendapatkan jumlah volume lalu lintas dijalan eksisting. Jenis kendaraan yang ditinjau hanya kendaraan golongan I, IIA dan IIB. Analisis biaya operasional kendaraan menggunakan metode Pacific Consultant International (PCI) (2000). Tarif dihitung berdasarkan 70% dari BKBOK untuk Golongan I (LV) di dapat tarif sebesar Rp. 70,375 dari keuntungan BKBOK untuk Golongan IIA (MHV) di dapat sebesar Rp. 248,456 dan untuk Golongan IIB (LT & LB) di dapat tarif sebesar Rp.89,737 dari keuntungan BKBOK.
Kata kunci: Analisis, Kendaraan, Jalan, Tarif Tol,BOK, BKBOK
Full Text:
PDFReferences
Bukhari, R.A, dan Sofyan M.S, 2002, Rekayasa Lalu Lintas I, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga, 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 15, Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Bina Karya, Jakarta.
Lembaga Afiliasi Penelitian Dan Industri Institut Teknologi Bandung (LAPI-ITB), 1997. Studi Perhitungan Nilai Waktu PT. Jasa Marga. Bandung.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2015. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor : 248/KPTS/M/2015 tentang Penetapan Ruas Jalan Dalam Jaringan Jalan Primer Menurut Fungsinya Sebagai Jalan Arteri (JAP) Dan Jalan Kolektor-1 (JKP-1). Menteri PUPR, Jakarta.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. 2007.Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor : 370/KPTS/M/2007 Penetapan golongan jenis kendaraan bermotor pada jalan tol yang sudah beroperesi dan besarnya tarif tol pada beberapa ruas jalan tol. Menteri PUPR, Jakarta.
Menteri Perhubungan, 2006. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : KM 14 Tahun 2006 tentang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan. Menteri Perhubungan, Jakarta.
Menteri Perhubungan, 2015. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor : PM 111 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penetapan Batas Kecepatan, Jakarta.
Metode Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan, Pacific Consultant International (PCI).
Petracia, P., 2012. Studi Penentuan Tarif Tol Rencana Ruas Jalan Manado-Bitung. Universitas Sam Ratulangi. Manado. Jurnal Sipil Statik Vol. 1, No. 1, November 2012 (27-33).
Pedoman Perhitungan Biaya Operasi Kendaraan (2005), Pd T-15-2005-B Badan Litbang PU Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Suhartono,dkk (2010). Modul PRJL-III Perencanaan Lalu Lintas Dan Ekonomi Transportasi. Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI). Jakarta.
Tamin, O. Z., (2008), Perencanaan, Permodelan, dan Rekayasa Transportasi, Contoh Soal dan Aplikasi, Penerbit ITB, Bandung.
Warpani, Suwardjoko. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
Bandung : Penerbit ITB.
Warpani, Suwardjoko. 2002. Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bandung : Penerbit ITB.
DOI: https://doi.org/10.29103/tj.v9i2.223
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 qasim Hisbul wathan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons "Attribution-ShareAlike”
Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)
March and September
In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe