Evaluasi Kelayakan Material Gunung Terhadap Sifat Fisik dan Mekanis Pada Perkerasan Lentur Jalan Raya di Kabupaten Manggarai Timur
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kelayakan material gunung quary Bondo sebagai timbunan pilihan, agregat kelas A dan agregat kelas B perkerasan lentur jalan raya. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa jenis tanahnya memiliki batas cair 22%, indeks plastisitas 5%, lolos saringan Nomor 200 5,32% sampai 5,54%, Cu rata-rata 92,68 > 4, Cc rata-rata 5,17 > 3; Berdasarkan USCS dikategorikan sebagai GP-GM atau ML (low plasticity silt), kelompok A-1-a (0) menurut AASHTO. Nilai aktif sebesar 0,90 < 1,25 termasuk tanah normal. Berat isi kering maksimum 1,56 gr/cm3 pada kadar air optimum 22,9%, nilai CBR rendaman 96 jam sebesar 24% dan abrasi sebesar 22,49%, sehingga layak sebagai material timbunan pilihan perkerasan lentur jalan raya, tetapi tidak layak dipergunakan sebagai material agregat kelas B karena nilai CBR rendaman < 60% dan juga tidak layak dipergunakan sebagai agregat kelas A karena persen lolos saringan 1 ½ ‘’ kurang dari 100% dan nilai CBR rendamannya < 90%.
Kata kunci: laboratorium, layak, agregat, timbunan pilihan
Abstract
This research aims to evaluate the suitability of Mount Quary Bondo material as the embankment, class A and B aggregate for flexible pavement. Laboratory test results show this type of soil has LL of 22%, PI 5%, 5.32% to 5.54% passing No. 200 sieve, average Cu 92.68, average Cc 5.17 3; It is categorized as GP-GM or ML (USCS), and A-1-a (0) (AASHTO). The active value is 0.90 < 1.25 including normal soil; max dry density 1.56 gr/cm3 at 22.9% wopt, the soaked CBR of 96 hours is 24%, the abrasion is 22.69%; so it is suitable as the embankment for flexible highway pavement, but is not suitable for use as class B aggregate material because the soaked CBR < 60% and it is also not suitable for use as class A aggregate because percentage passing the 1 ½’’ (38,1 mm) sieve < 100% and the soaked CBR < 90%.
Keywords: feasible, aggregate, selected material
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achilov, S.S. 2021. Expert Method of Quality Management of Road Construction Project. Middle European Scientific Bulletin, 15: 40–47.
Akbar, S.J., Mukhlis, Burhanuddin, Muhibbuddin. 2015. Tinjauan Mutu Aggregat Lapisan Pondasi Bawah Pada Perkerasan Jalan Batas Kota Lhokseumawe - Panton Labu. Teras Jurnal, 5(2): 153–164.
Amalia, D., Gratiawan, E., Gulo, W.D., Yulianto, F.E., Juarti, E.R., Pudin, A. 2024. Analisis Karakteristik Tanah Gambut Berserat Dan Dampaknya Terhadap Infrastruktur. Teras Jurnal, 14(01): 68–82.
Das, B. M. (2010). Principles of Geotechnical Engineering 7th ed. Cengage Learning 200 First Stamford Place, Suite 400 Stamford, CT 06902 USA. https://dl.icdst.org/pdfs/files/f26ec24b602af7971800c8c327a3b3bd.pdf
Dewi, O.Y., Hendri, O., Sarie, F. 2022. Hubungan Batas Cair Dan Indeks Plastisitas Tanah Lempung Disubstitusi Pasir Terhadap Nilai Kohesi Tanah Pada Uji Geser Langsung. Jurnal Deformasi, 7(2): 183–192.
Faizar, I., Sumarman. 2016. Analisis Manajemen Kostruksi Proyek Rumah Sakit Arjawinangun Kabupaten Cirebon. JurnalKonstruksi Unswagati Cirebon, V(2): 277–290.
Gaazali, A., Fathurrahman. 2019. Analisis Stabilitas Tanah Timbunan Dengan Perkuatan Turap Kayu Galam Di Daerah Rawa Kalimantan Selatan. Media Ilmiah Teknik Sipil, 7(1): 79–86.
Gusnadi, Z., Rahardjo, P.P., Lim, A. 2021. Perbandingan Perilaku Perbaikan Tanah Metode Preloading Vakum Dan Preloading Timbunan Dengan Elemen Hingga 2D. Teras Jurnal : Jurnal Teknik Sipil, 11(2): 363.
Hardiani, D.P. 2018. Analisis Perkuatan Tanah Timbunan Pada Pelebaran Jalan Di Ruas Jalan Veteran (Simpang Empat Gatot Subroto – Simpang Tiga Kuripan). DENSITY (Development Enginering of University) Journal, 1(1): 1–6.
Holtz, R.D. & Kovacs, W. D. (1981). An Introduction To Geotechnical Engineering. New Jersey. Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs
Jalil, A., Fajrina, H. 2016. Terhadap Permeabilitas Dan Kecepatan Konsolidasi ( Studi Kasus Tanah Desa Cot Girek Kandang Kecamatan Muara Dua Kabupaten Aceh Utara ). 6(1): 19–28.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. (2018). Spesifikasi Umum Jalan dan Jembatan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. https://binamarga.pu.go.id/uploads/files/425/spesifikasi-umum-2018.pdf.
Liliwarti, Silvianengsih, Satwarnirat. 2015. Karakteristik Sifat Mekanis Tanah Lempung Terhadap Kadar Air (Kampus Unand Limau Manis Padang). Rekayasa Sipil, 4(1): 21–26.
Lyanawati, Y.M., Mulyadi, L., Wulandari, L.K., ... 2022. Analysis to Factors Affecting Contractor Work Performance to Quality of Road Improvement Projects in Probolinggo Regency. … of Architecture and …, 7(6): 31–41.
Nugroho, S.A., Faisal, M., Ridho, A., Fatnanta, F. 2022. Pengaruh Abu Sekam Kayu Pada Nilai Unconfined Compression Strength Lempung Plastisitas Tinggi Terstabilisasi Semen Kapur. 12(1): 141–152.
Pokharel, A., Sharma, I., Lamichhane, B. 2023. Quality Management Practices In Gondrang-Pulchowk Six-Lane Road Upgrading Project At Chitwan District , Nepal. 11: 76–96.
Rahmat; Mulyono, A.T. 2014. Penilaian Kinerja Jasa Konsultansi Core Team Jalan Nasional Pada Snvt-P2Jn. Jurnal Transportasi, 14(2): 137–146.
Rauzana, A., Usni, D.A., Sipil, F.T., Kuala, U.S., Aceh, B. 2020. Kajian Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Mutu pada Proyek Konstruksi di Provinsi Aceh. 26(2): 267–274.
SNI, 1743. 2008. Cara Uji Kepadatan Berat Untuk Tanah. Badan Standar Nasional, 1743.
SNI, 1744. 2012. Metode Uji CBR Laboratorium. Badan Standar Nasional, .
SNI, 1964. 2008. Cara Uji Berat Jenis Tanah. Badan Standar Nasional, 1964.
Sohu, S., Ullah, K., Jhatial, A.A., Jaffar, M., Lakhiar, M.T. 2018. Factors Adversely Affecting Quality in Highway Projects of Pakistan International Journal of Advanced and Applied Sciences Factors Adversely Affecting Quality in Highway Projects of Pakistan. International Journal of Advanced and Applied Sciences, 10(August): 62–66.
Sugiyartanto. 2021a. Tinjauan Terhadap Penurunan Kualitas Pelayanan Jalan Nasional Di Indonesia. Sigap Membangun Negeri, 1–11.
Sugiyartanto. 2021b. Tinjauan Terhadap Penurunan Kualitas Pelayanan Jalan Nasional Di Indonesia. Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, .
Surandono, A., Suci, P.M. 2016. Dengan Metode Aashto ( Studi Kasus : Pada Ruas Jalan Ki Hajar Dewantara Kecamatan BatanghariKabupaten Lampung Timur ). 6(1).
Suyuti, Rizal, M. 2020. Evaluasi Tinggi Embankment Jalan Pada Tanah Lunak Diperkuat Geotextile Dan Fondasi Cerucuk. Teras Jurnal, 10(2): 224–234.
Thamrin, A.H., Madya, W.A. 2018. Langkah Mengatasi Konstruksi Perkerasan Jalan Yang Kuat. 4(01): 61–72.
Wesli, W., Akbar, S.J., Irwana, I. 2023. Studi Komparasi Metode American Association of State Highway and Transportation Officials (AASHTO) 1993 Dan Metode Bina Marga 2017 Pada Perencanaan Tebal Lapis Perkerasan. Teras Jurnal : Jurnal Teknik Sipil, 13(1): 253.
Willar, D. 2022. Evaluating quality management of road construction projects : a Delphi study. The TQM Journal, 35(7), 2003-2027. https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/TQM-04-2022-132/
DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v14i2.1136
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Kasmir Gon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons "Attribution-ShareAlike”
Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)
March and September
In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe