Efektivitas Penataan Parkir Mobil Penumpang di Badan Jalan Terhadap Kinerja Ruas Jalan di Jalan HR Soebrantas Depan Pasar Simpang Baru Panam
Abstract
Abstrak
Adanya kegiatan parkir di badan jalan menyebabkan terganggunya kelancaran arus lalu lintas di ruas jalan HR Soebrantas tepatnya di depan Pasar Simpang Baru Panam. Agar diperoleh kinerja ruas jalan efektif pada jalan tersebut, maka perlu dilakukan penataan posisi sudut parkir khususnya untuk kendaraan mobil penumpang. Pada penelitian ini analisis dilakukan pada masing-masing sudut parkir rencana. Saat tanpa adanya parkir di badan jalan, tingkat pelayanan ruas jalan tersebut berada pada kategori A dengan derajat kejenuhan sebesar 0,56. Setelah dilakukan simulasi penataan sudut parkir, didapatkan sudut parkir optimal untuk digunakan di lokasi ini adalah sudut 45⁰. Penggunaan sudut ini telah memenuhi kriteria minimum jalan kolektor sekunder yaitu berada pada tingkat pelayanan C. Untuk indeks parkir yaitu sebesar 0,71 yang berarti ruang parkir yang tersedia telah mampu memenuhi kebutuhan parkir di lokasi. Selain itu sudut ini mampu menampung lebih banyak kendaraan parkir serta memiliki tingkat kemudahan dan kenyamanan parkir yang lebih tinggi dibanding sudut 90⁰.
Kata kunci: Karakteristik Parkir, Parkir di Badan Jalan, Sudut Parkir, Kinerja Ruas Jalan.
Abstract
The existence of on-street parking activities causes disruption to the smooth flow of traffic on the HR. Soebrantas road, precisely in front of Pasar Simpang Baru Panam. In order to obtain effective road section performance on the road, it is necessary to arrange the position of the parking angle, especially for passenger car vehicles. This research analyzes each planned parking angle. When there is no parking on the road, the level of service for this road section is in category A with a degree of saturation value of 0.56. After simulating the arrangement of parking angles, the optimal parking angle to be used at this location is 45⁰. The use of this angle has met the minimum criteria for secondary collector roads which are at level of service C. The parking index is 0.71, which means that the available parking space is able to meet the parking demand at that location. In addition, the use of this angle is able to accommodate more parking vehicles and has a higher level of ease and comfort of parking than the 90⁰ angle.
Keywords: Parking Characteristics, On-street Parking, Parking Angle, Road Section Performance
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alqurni, F., Rudiyanto, M.A. and Soewartono, E. (2019) ‘Analisis Karakteristik Parkir Badan Jalan dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Ruas Jalan’.
Badan Pusat Statistik (2020) ‘Kota Pekanbaru dalam Angka 2020’.
Basri, A. (2017) ‘Analisis Dampak Parkir terhadap Kinerja Lalu Lintas di Ruas Jalan Sekitar Mall Panakkukang Kota Makassar’.
Chalandri, P.M. et al. (2017) ‘Model Optimasi Lahan Parkir Grapari Banda Aceh dengan Menggunakan Satuan Ruang Parkir’.
Direktorat Jendral Bina Marga (1997) ‘Manual Kapasitas Jalan Indonesia’. Bandung: Binamarga.
Direktorat Jendral Bina Marga (2023) ‘Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia’. Jakarta.
Direktur Jendral Perhubungan Darat (1996) ‘Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir’. Jakarta.
Gubernur Riau (2017) ‘Daftar Ruas Jalan Provinsi di Kota Pekanbaru KPTS.214/II/2017’.
Manurung, S.M.D. (2021) ‘Studi Kinerja Ruas Jalan HR. Soebrantas Kota Pekanbaru Dimasa Pandemi Covid-19’.
Menteri Perhubungan Republik Indonesia (2015) ‘Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2015’.
Menteri PUPR (2023) ‘Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2023 Tentang Persyaratan Teknis Jalan dan Perencanaan Teknis Jalan’, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, pp. 95–140.
Presiden Republik Indonesia (2006) ‘Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan’.
Presiden Republik Indonesia (2022) ‘Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua atas Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan’.
Putra, B.H.R. and Tisnawan, R. (2017) ‘Analisis Kinerja Jalan Perkotaan (Studi Kasus Ruas Jalan HR. Soebrantas Km 3 Pekanbaru)’, Jurnal Rab Construction, 2(1), pp. 180–188.
Singkay, S., Tendly, M. and Pieter, Tulus, Lotulung, C. (2022) ‘Analisa Pengaruh Hambatan Samping Pasar Tradisional Modoinding Terhadap Kinerja Ruas Jalan Raya Pinansungkulan’, Jurnal Gearbox Pendidikan Teknik Mesin, 3(2), pp. 100–110.
Sitompul, R.S. and Lubis, M. (2018) ‘Analisa Pengaruh Tipikal Sudut Parkir Di Badan Jalan Terhadap Tingkat Pelayanan’, Journal of Civil Engineering, Building and Transportation, 2(2), pp. 42–49. Available at: http://ojs.uma.ac.id/index.php/jcebt.
Syaputra, D.W. (2021) ‘Analisis Dampak Parkir Terhadap Kinerja Lalu Lintas Di Ruas Jalan Sekitar Mall Pekanbaru Kota Pekanbaru (Studi Kasus : Ruas Jalan Sudirman Kota Pekanbaru)’.
Transportation Engineering Agency (2019) Parking Safety.
Walikota Pekanbaru (2020) ‘Perturan Walikota Pekanbaru Nomor 138 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Perparkiran’.
Walikota Pekanbaru (2022) ‘Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 41 Tahun 2022’. Pekanbaru.
DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v14i1.1041
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Benny Hamdi Rhoma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Commons "Attribution-ShareAlike”
Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)
March and September
In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe