EVALUASI JALUR EVAKUASI KEBAKARAN PADA KANTOR BUPATI NAGAN RAYA

nurfajrida ririn fajrida

Abstract


Kantor Bupati adalah bangunan tempat kepala daerah melakukan kegiatan administrasi dan sebagai tempat penyelenggaraan pusat pemerintahan. Bangunan publik ini secara umum belum  sepenuhnya memenuhi syarat jalur evakuasi  dari Permen   PUPR   RI   No.   14/PRT/M/2017.   Jalur   evakuasi   yang   baik   dapat menggerakkan manusia dalam jumlah besar dengan waktu terbatas, sedangkan bila jalur evakuasi tidak dibangun atau tidak tersedia dengan baik, maka dapat menghambat waktu evakuasi serta juga dapat menyebabkan kematian bagi pengguna bangunan. Penelitian ini bertujuan  untuk  mengidentifikasi kondisi eksisting jalur evakuasi  di  Kantor  Bupati  Kabupaten  Nagan  Raya,  mengidentifikasi  persepsi pegawai dan pengunjung terhadap jalur evakuasi di Kantor Bupati, dan merumuskan strategi pengurangan risiko bencana kebakaran di Kantor Bupati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi dan wawancara, dan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner. Narasumber dan responden dalam merumuskan strategi ditujukan kepada Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, dan Asisten Administrasi Umum. Responden untuk  persepsi  jalur evakuasi ditujukan kepada para pegawai dan pengunjung. Pengolahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan analisa data menggunakan analisis deskriptif melalui bantuan  software  Statistical  Product  and  Service  Solution  (SPSS)  versi  22  dan analisis Strengths Weaknesses Opportunities Threats (SWOT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa jalur evakuasi untuk gedung A sebagian besar terpenuhi syarat yaitu sebanyak 16 persyaratan (53%), gedung B dan gedung C hampir sebagian besar terpenuhi syarat yaitu sama-sama sebanyak 15 persyaratan (56%). Hampir seluruh pegawai sebanyak 50 orang (93,87%) dan pengunjung sebanyak 37 orang (79,26%), sudah mempunyai pengetahuan yang baik terhadap jalur evakuasi di Kantor Bupati. Strategi pengurangan risiko bencana kebakaran di Kantor Bupati adalah melakukan kegiatan   pengembangan   melalui   sistem   proteksi  aktif   dan   proteksi   pasif, mengevaluasi tingkat kedisiplinan pegawai terhadap peraturan larangan merokok dalam gedung Kantor Bupati, dan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pegawai terkait upaya pengurangan risiko bencana.

 

Kata Kunci: Jalur evakuasi, bangunan publik, risiko, bencana, kebakaran


Full Text:

PDF PDF

References


Abrahams, J 1994, Fire Escape in Difficult Circumstances Design Againts Fire, United State of America.

Anonim, 1987, Departemen Pekerjaan Umum Tentang Panduan Pemasangan Alat Bantu Evakuasi untuk Bahaya Kebakaran pada Bangunan Rumah dan Gedung.

Anonim, 2002, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung.

Anonim, 2008, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 26/PRT/M/2008 Tentang Persyaratan Teknis Sistem Proteksi Kebakaran pada Bangunan Gedung dan Lingkungan.

Anonim, 2017, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 14/PRT/M/2017 Tentang Persyaratan Kemudahan Bangunan Gedung.

Arikunto, S 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Ferdinand, A 2006, Metode Penelitian Manajemen, Universitas Diponegoro, Semarang.

Fuad, C, dan Aryawan, WD 2011, Studi Perencanaan Model Evakuasi Sederhana pada Kapal Penumpang, ITS, Surabaya.

Hendrik, 2010, Evakuasi dan Penyelamatan Akibat Bencana Kebakaran. Jurnal Manajerial, ISSN: 2085-479X Vol. 2, No. 2.

Juwana, JS 2005, Panduan Sistem Bangunan Tinggi, Edisi 1, Erlangga, Jakarta. Noor, J 2012, Metodologi Penelitian, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Putra, D 2014, Evaluasi Keandalan Sarana Penyelamatan Jiwa Terhadap Bahaya Kebakaran pada Bangunan Gedung, Jurnal Teknik Sipil, Universitas Andalas, Padang.

Rangkuti, F 2005, Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia, Jakarta.

Rijanto, B 2010, Kebakaran dan Perencanaan Bangunan, Mitra Wacana Media. Jakarta.

Riduwan, dan Sunarto 2014, Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Riduwan, 2011, Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Sari, N, OP, dan Hardi, J 2015, Studi Evaluasi Jalur Evakuasi Terhadap Keselamatan Karyawan pada Wisma Barito Pasific, Jurnal Teknik Arsitektur, Universitas Mercu Buana, Jakarta Barat.

Sugiyono, 2015, Statistik Nonparametris untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung. Sudjana, 2005, Metode Statistika, Tarsito, Bandung.

Sumiardjito, 2010, Emergency Exit Sebagai Sarana Penyelamatan Penghuni pada Bangunan-bangunan Skala Besar, Jurnal Inersia Vol. VI No. 1, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v9i2.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats