HUBUNGAN KAUSAL ANTARA VARIABEL SOSIAL-EKONOMI, PERILAKU PERJALANAN TERHADAP LATEN DETERMINAN AKSEPTASI PUBLIK: STUDI KASUS PADA KORIDOR I TRANS KOETARADJA

Sugiarto Sugiarto, Sofyan M. Saleh, Renni Anggraini, Cut Mutiawati, Khalida Surya

Abstract


Transportasi merupakan salah satu sektor yang mengalami kemerosotan seiring dengan laju pertumbuhan ekonomi masyarakat. Kemampuan masyarakat membeli kendaraan pribadi menjadi penyebab ketergantungan pada moda transportasi pribadi di Banda Aceh. Keterbatasan prasarana jalan dan tingginya permintaan perjalanan menyebabkan kemacetan dan naiknya angka kecelakaan. Strategi handal yang telah berhasil meminimalkan dampak negatif kemacetan adalah perpindahan dari moda transportasi pribadi ke moda umum. Langkah ini telah ditempuh di Jakarta dan dipromosikan/diterapkan di kota-kota lain di Indonesia, termasuk Banda Aceh yaitu Trans Koetaradja (TK). Untuk memastikan kebijakan ini tepat sasaran bagi pengguna/masyarakat maka kajian dari bawah (harapan masyarakat) perlu dilakukan guna menangkap dan merumuskan informasi-informasi penting dari para pengguna Trans Koetaradja. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi masyarakat terhadap kebijakan TK dengan studi kasus pada koridor 1 (Pusat Kota – Darussalam). Metode pengambilan data yang digunakan adalah Stated Preference (SP) dengan jumlah 150 responden secara acak bertingkat (stratified random sampling). Kuesioner SP berisikan informasi tentang sosial-ekonomi, perilaku perjalanan, dan persepsi responden. Pemodelan yang digunakan adalah Multiple Indicators Multiple Causes (MIMIC) yang parameter regresinya di kalibrasi menggunakan software Lisrel 9.2. Hasil model empiris menunjukkan bahwa terdapat hubungan kausal yang signifikan antara variabel sosial-ekonomi, perilaku perjalanan terhadap laten determinan akseptasi publik kebijakan TK. Hasil menyimpulkan bahwa variabel laten sangat signifikan menentukan penerimaan kebijakan TK

Full Text:

PDF

References


Aggraini, R., Sugiarto, S., Pramanda, H., 2017. Factors affecting trip generation of motorcyclist for the purpose of non-mandatory activities. AIP Conf. Proc, vol. 1903, 060011.

Gärling, T., Jakobsson, C., Loukopoulos, P., Fujii, S., 2008. Acceptability of road pricing. In Verhoef E, Bliemer E, Steg L, Van Wee B (ed.), Pricing in road transport: Multidisciplinary perspectives. Cheltenham, UK: Edward Elgar.

Jakobsson, C., Fujii, S., Gärling, T., 2000. Determinants of private car user’s acceptability of road pricing. Transport Policy, 7, pp.133–158.

Joreskog, G.K., Goldberger, S. A., 1975. Estimating of a model with multiple indicators multiple causes of a single latent variable. Journal of the American Statistical Association, 70, pp.631-639.

Joreskog, G.K., Sorbom, D., 2012. Some new features in LISREL 9. Scientific Software International.

Saleh, S.M., Sugiarto, S., Hilal, A., Ariansyah, D., 2017. A study on the traffic impact of the road corridors due to flyover construction at Surabaya intersection, Banda Aceh of Indonesia. AIP Conf. Proc, vol. 1903, 060005.

Saleh, S.M., Sugiarto, S., Aggraini, R, 2019. A preliminary analysis on the acceptance determinants toward bus reform policy in Banda Aceh, Indonesia. MATEC Web of Conferences, an article in press.

Sugiarto, S., Miwa, T., Sato, H., Morikawa, T., 2019a. The tendency of public’s attitudes to evaluate urban congestion charging policy in Asian megacity perspective: Case a study in Jakarta, Indonesia. Case Studies on Transport Policy. an article in press.

Sugiarto, S., Miwa, T., Sato, H., Morikawa, T., 2017a. Explaining differences in acceptance determinants towards congestion charging policies in Indonesia and Japan. Journal of Urban Planning and Development, 143(2), pp.1-12.

Sugiarto, S., Miwa, T., Morikawa, T., 2017b. Inclusion of latent constructs in utilitarian resource allocation model for analyzing revenue spending options in congestion charging policy. Transp. Res. Part A, 103, pp.36–53.

Sugiarto, S., Saleh, S.M., Anggraini, R., M. Merfazi., 2019b. Investigating public perceptions and its implication toward Trans Koetaradja policy considering latent motivation. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, an article in press.




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v8i2.166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sugiarto Sugiarto, Sofyan M. Saleh, Renni Anggraini, Cut Mutiawati, Khalida Surya



Publisher:

Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh
Jl. Cot Tgk. Nie, Reuleut, Aceh Utara, Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

              P-ISSN                       E-ISSN

Accredited Journal (S4)

Based on Decree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 34/E/KPT/2018

expired: 2023-12-10