ANALISA NILAI SIMPANGAN HORIZONTAL (DRIFT) PADA STRUKTUR TAHAN GEMPA MENGGUNAKAN SISTEM RANGKA BRESING EKSENTRIK TYPE BRACED V

said jalalul akbar, Yovi Candra

Abstract


Negara kepulauan yang berada diwilayah rawan akan gempa salah satunya adalah Indonesia. Hal ini menyebabkan ancaman yang cukup tinggi terhadap bencana gempa. Untuk menahan gempa diperlukan bangunan yang memiliki material serta pengaku (bresing) dengan daktilitas yang cukup. Pada umumnya, bangunan yang terbuat dari material baja dan pengaku (bresing) dengan Sistem Rangka Bresing Eksentrik (SRBE) memiliki sifat daktilitas yang tinggi dan bersifat fleksibel, tidak mudah patah serta cepat dibangun. Tujuan dari penelitian dilakukan untuk membandingkan perubahan drift struktrur baja bangunan gedung tanpa bresing dan gedung yang menggunakan bresing type V yang diberi beban gravitasi (beban mati dan beban hidup) dan beban horizontal (beban gempa). Model penelitian berupa analisis struktur baja tanpa bresing dan struktur menggunakan bresing type V. Pembebanan gempa dihitung dengan menggunakan analisis dinamik yaitu analisis respon spektrum dan analisis statik ekuivalen. Hasil dari analisis ini menunjukkan bahwa nilai simpangan masing-masing tingkat berdasarkan kinerja batas ultimit telah aman baik struktur tanpa bresing maupun yang menggunakan bresing. Penurunan nilai simpangan yang terjadi antara struktur tanpa bresing dan menggunakan bresing yang terjadi pada arah X yaitu sebesar 51,60 % dan begitupun pada arah Y, penurunan nilai simpangan horizontal yang terjadi yaitu sebesar 44,40 %. Hal ini menunjukkan bahwa secara signifikan penggunaan bresing dapat meningkatkan kekakuan, kekuatan dan stabilitas struktur.

 

  Kata Kunci : simpangan horizontal (drift), kinerja batas ultimit, bresing


Full Text:

PDF

References


Abdul, A, 2012, Studi Perilaku Sistem Rangka Baja K-Split EBF (EccentricallyBraced Frames) Terhadap Beban Gempa Dengan Analisis Pushover, (diunduh tanggal 29 November 2015).

Anonim, 2002, SNI 03-1729-2002 Tata Cara Struktur Baja Tahan Gempa Untuk Bangunan Gedung, BSN, Bandung.

Anonim, 2012, SNI 03-1729-2012 Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung, BSN, Bandung.

Anonim, 2013, SNI 03-1727-2013 Beban Minimum Untuk Perancangan Bangunan Gedung dan Struktur Lainnya, BSN, Bandung.

Anonim, 2014, Buku Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh

Haryanto, Y.M, 2006, Panduan Analisis Dan Desain Struktur Menggunakan ETABS Versi 8.4.5, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Miftakhur Riza, M, 2014, Aplikasi Perencanaan Struktur Gedung Dengan ETABS, ARS Group, (http : www. Perencanaan Struktur.com, Diunduh tanggal 21 Juli 2015 ).

Rengganis, A, 2012, Studi Perilaku Struktur Eccentrically Braced Frames (D-EBF) Dengan Link Pendek Menggunakan RSNI Gempa 03-1726-201x, (Diunduh tanggal 1 September 2015).

Salmon, C G., dan John E. J. 1991. Struktur Baja: Disain dan Perilaku. Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.

Schodek, D L, 1999. Struktur. Edisi kedua, Erlangga, Jakarta.

Schueller, W, 1989, Struktur Dan Konstruksi Bangunan Tinggi. PT.Eresco. Bandung

Setiawan, Agus, 2008, Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD, Erlangga,Semarang.

Suharjanto, 2013, Rekayasa Gempa, Amara Book,Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v7i2.139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 said jalalul akbar, Yovi Candra



Publisher:

Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh
Jl. Cot Tgk. Nie, Reuleut, Aceh Utara, Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

              P-ISSN                       E-ISSN

Accredited Journal (S3)

Based on Degree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 23/E/KPT/2019

expired: 2024-08-08