ANALISA GELOMBANG KEJUT PADA LENGAN PERSIMPANGAN TERHADAP ALIRAN ARUS LALULINTAS

Zulfhazli Zulfhazli Abdullah

Abstract


Gelombang kejut terjadi karena adanya pergantian nyala lampu lalu lintas berwarna merah, kendaraan akan berhenti, kepadatan lengan sebelum lampu merah akan meningkat, kecepatan menurun, dan akhirnya terjadi antrian. Gerakan arus lalu lintas yang terjadi pada saat kondisi lampu merah inilah yang disebut dengan gelombang kejut. Perhitungan ukuran kinerja dan kapasitas jalan Indonesia mengaju pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) yang dikeluarkan oleh Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga pada tahun 1997. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik lalu lintas, nilai gelombang kejut serta panjang antrian yang di analisa sesuai teori gelombang kejut. Penelitian dilakukan pada lengan persimpang bersinyal. Hasil analisa diperoleh hasil volume lalu lintas paling padat terjadi pada hari Senin pagi dengan volume 9281,2 smp/jam dengan kerapatan 630,04 smp/km, arus maksimum (Vmak)  didapat dengan menggunakan model Greenshield terjadi pada pagi hari senin dengan nilai arus 303,58 Smp/Jam, nilai gelombang kejut terbesar dan panjang antrian terpanjang terjadi pada hari rabu dengan nilai gelombang kejut 21,48 km/jam dan panjang antrian 197,5 meter. Hal ini menandakan semakin besar nilai gelombang kejut maka semakin besar pula nilai panjang antrian yang didapat.

Keywords


lalu-lintas, persimpangan, gelombang kejut, greeshield

Full Text:

PDF

References


Ansyori Alamsyah, Alik, 2005, Rekayasa Lalu Lintas, Malang, UMM Press, Malang.

Budi Utomo, Heri, 1998, Analisis Gelombang Kejut Pada Jalan Bebas Hambatan dan Persimpangan Berlampu Lalu Lintas, http://www.google.com, Theses. diunduh tanggal 25 November 2011.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Departemen Pekerjaan Umum, Indonesia

Http://www.google.com

Idham, Muhammad, 2000, Analisis Gelombang Kejut Pada Persimpangan Berlampu Lalu Lintas, http://www.google.com, Journal. diunduh tanggal 15 Desember 2014.

Kasan, Muhammad, 1999, Aplikasi Teori Gelombang Kejut Dalam Penentuan Panjang Antrian Kendaraan Pada Lengan Persimpangan Bersinyal, http://www.google.com, Theses. diunduh tanggal 1 Desember 2011.

Morlock, E. K.. 1991, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Jakarta: Erlangga

Tamin, Ofyar Z, 2003, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi Contoh Soal dan Aplikasi Edisi Kesatu, ITB, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v6i2.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Teras



Publisher:

Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh
Jl. Cot Tgk. Nie, Reuleut, Aceh Utara, Indonesia

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

              P-ISSN                       E-ISSN

Accredited Journal (S3)

Based on Degree of the Minister of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia Number 23/E/KPT/2019

expired: 2024-08-08