ANALISIS GAYA GESER PADA BANGUNAN MENGGUNAKAN BASE ISOLATOR SEBAGAI PEREDUKSI BEBAN GEMPA

Mul Muliadi Adi, Mochammad Afifuddin Mochammad Afifuddin Mochammad Afifuddin, T. Budi Aulia T. Budi Aulia T. Budi Aulia

Abstract


Kejadian gejala alam yang banyak mengakibatkan korban jiwa salah satunya adalah bencana gempa. Indonesia merupakan Negara kepulauan yang dipisahkan oleh lautan. Hal ini menunjukkan Indonesia merupakan Negara yang besar akan kelimpahan daratan dan lautan. Indonesia memiliki sifat yang dinamis terhadap variasi bentuk wilayah gempa. Dalam hal ini diperlukan langkah-langkah untuk meminimalisir kerusakan akibat gempa tersebut. Salah satunya adalah dengan menggunakan base isolator. Sistem base isolator ini bisa melindungi bangunan dari kerusakan parah selama gempa besar terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis gaya geser (base shear) yang terjadi akibat efek gempa pada bangunan. Baik dalam  penggunaan base isolator maupun yang tanpa menggunakan base isolator. Desain struktur ini  dilakukan dengan analisis beban time history dynamic pada bangunan SRPMK (struktur rangka pemikul momen khusus). Dengan bangunan lantai 10 tingkat, bentuk beraturan, pada bangunan SRPMK (struktur rangka pemikul momen khusus). Hal yang diperbandingkan berupa gaya geser (base shear) arah memanjang (X) dan arah melintang (Y) akibat gempa. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan bantuan software komputer SAP2000. Pembebanan pada gedung didasarkan pada peraturan bangunan gedung beton bertulang dan analisa dinamik Time History Modal Analysis struktur dalam Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung Dan Non Gedung (SNI 1726:2012). Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa penggunaan base isolator dapat mereduksi gaya geser (base shear), baik dari arah memanjang dan melintang. Nilai rata-rata riwayat gempa pada penggunaan base isolator dapat direduksi pada bangunan SRPMK berurut mencapai 62% arah-x, 67% arah-y.

Full Text:

PDF

References


Dewobroto, W., 2005, Evaluasi Kinerja Struktur Baja Tahan Gempa dengan Analisis Pushover, Civil Engineering National Conference : Sustainability, Contruction & Structural Engineering Based on Profesionalsm, Unika Soegjiapranata, Samarang.

Fillino, E., Reky, S.W., Servie, O.D, and Steenie, E.W, 2013, Perhitungan Gaya Geser Pada Bangunan Bertingkat Yang Berdiri Di Atas Tanah Miring Akibat Gempa Dengan Cara Dinamis, Jurnal Sipil Statik; Vol. 1, No. 3 (2013), Manado.

Hazmi, M., Risty, M., and Agung, S., 2011, Perbandingan Kinerja Struktur Yang Menggunakan Base Isolator Dengan Tanpa Base Isolator Dengan Analisis Beban Dorong (Pushover), Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur dan Sipil), Universitas Gunadama-Depok, ISSN: 1858-2559, vol. 4 Oktober 2011.

Madutujuh, N., 1989, Engineering Software Research Center, 05 Sep 2011,

https://sites.google.com/site/nathanmadutujuh/

Naeim, F., & Kelly, J.M., 1999, Design Of Seismic Isolated Struktures: From Theory To Practice, John Wiley & Sons, Inc., New York.

Standar Nasional Indonesia, 2002, Tata Cara Perhitugan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung, (SNI 03-2847-2002), Badan Standardisasi Nasional, Puslitbang pemukiman, Bandung.

Standar Nasional Indonesia, 2012, Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung Dan Non Gedung, (SNI 1726:2012), Badan Standardisasi Nasional, Puslitbang pemukiman, Bandung.

Teruna, D.R., & Hendrik, S., 2010, Analisis Response Bangunan ICT Universitas Syiah Kuala Yang Memakai Slider Isolator Akibat Gaya Gempa, Perkembangan dan Kemajuan Kontruksi Indonesia, Seminar dan Pameran HAKI, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v6i1.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Teras



P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats