ANALISA PERILAKU DAN RUANG ARSITEKTUR PADA BANGUNAN PASAR BUAH KOTA LHOKSEUMAWE

effan fahrizal

Abstract


Abstrak

 

Perilaku arsitektur adalah aktivitas manusia baik yang dapat diamati langsung maupun tidak yang terjadi dalam suatu bangunan atau lingkungan sekitar, sedangkan ruang adalah sesuatu kesatuan yang terbatas atau tidak terbatas sama dengan sebuah tempat yang kosong yang di persiapkan dengan kapasitas tertentu untuk di wadahi barang. Perilaku dan ruang arsitektur yang dimaksud pada penelitian ini ialah tentang bagaimana aktivitas yang terjadi sehari-hari antar pedagang dan pembeli yang ada di Pasar Buah tersebut. Pasar ini terletak di jalan Pasar Buah, desa Pusong Baru, kecamatan Banda Sakti, kota Lhokseumawe. Permasalahan pada penelitian ini adalah tentang penggunaan ruang yang tidak maksimal di mana ruang tersebut tidak digunakan dengan baik oleh pedagang. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui factor yang membuat pedagang tidak menempati ruang dalam, dan bagaimana kondisi fisik pasar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisa langsung di lapangan selama dua minggu. Konsepnya dilakukan dalam bentuk analisa aktivitas masing-masing blok dan analisa fisik tentang letak, cahaya, warna, penghawaan, sirkulasi, material dan dimensi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang bagian dalam dari pasar buah tidak terpakai karena faktor pembeli yang sedikit karena sepi pembeli maka pedagang lebih banyak menempati ruang luar supaya pembeli yang datang banyak. Selain itu faktor fisik bangunan bagian dalam yang kurang cahaya dan penghawaan sehingga  membuat  pedagang  tidak nyaman menempati ruang bagian dalam.

 

Kata Kunci: Perilaku, Ruang, Aktivitas

 

 

Abstract

 

Architectural behavior is a human activity that can be observed directly or indirectly that occurs in a building or the surrounding environment, while space is a limited or unlimited unit equal to an empty place that is prepared with a certain capacity to contain goods. The architectural behavior and space referred to in this study is about how the daily activities occur between traders and buyers at the Fruit Market. This market is located on Jalan Pasar Buah, Pusong Baru village, Banda Sakti sub-district, Lhokseumawe city. The problem in this study is about the use of space that is not optimal where the space is not used properly by traders. The purpose of this study is to determine the factors that prevent traders from occupying internal space, and how the physical conditions of the market are. This study used a qualitative descriptive method with direct field analysis for two weeks. The concept is carried out in the form of activity analysis of each block and physical analysis of location, light, color, ventilation, circulation, material and dimensions. Based on the results of the study, it shows that the inner space of the fruit market is not used because of the lack of buyers because there are fewer buyers, so the traders occupy more of the outer space so that more buyers come. In addition, the physical factors of the inner building are lacking in light and air, so that it makes traders uncomfortable occupying the inner space.

Keywords: Behavior, Space, Activities

 


Full Text:

PDF

References


Angkouw Rieka, Kapugu Heri, 2012, Ruang Dalam Arsitektur Berwawasan Perilaku, Jurnal Media Matrasain, Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangio, Vol 9 No 1 2012, (pp 58-74)

Effendi, Dewinita, Waani, Judy O, Sembel, Amanda, 2017, Pola Perilaku Masyarakat Terhadap Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik di Pusat Kota Ternate, Jurnal SPASIAL: Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol 4, No 1 2017 (pp 185-197)

Iryana, Kawasati, Risky, 2019, Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif, Alfabeta, Bandung

Laurens, Joyce Marcella, 2004, Arsitek dan Perilaku Manusia. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, Amiranti, Bandung.

Setiawan, B., Haryadi, 2010, Arsitektur Lingkungan dan Perilaku, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Skinner, B., F, 2013, Ilmu pengetahuan dan perilaku manusia, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Penerbit alfabeta, Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v10i2.368

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 effan fahrizal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats