TINJAUAN KELAYAKAN RUANG HENTI KHUSUS (RHK) BERDASARKAN TINGKAT KETERISIAN DI SIMPANG BERSINYAL KOTA BANDA ACEH

herri arnanda, Renni Anggraini, Yusria Darma

Abstract


Simpang bersinyal merupakan suatu elemen yang cukup penting dalam sistem transportasi di kota besar seperti Simpang Jambo Tape di Kota Banda Aceh. Simpang Jambo Tape merupakan salah satu dari jaringan jalan yang menghubungkan beberapa tempat penting yang ada di Kota Banda Aceh, seperti pertokoan, perkantoran, sekolah, rumah sakit dan pemukiman penduduk. Hal ini  menyebabkan aktifitas lalu lintas pada simpang tersebut sangat tinggi, sehingga dapat mengakibatkan kemacetan dan tundaan pada beberapa kaki persimpangan. Salah satu masalah yang dihadapi simpang bersinyal ialah kurang efektifnya prasarana sehingga menjadi tidak layak prasaran tersebut yang telah dibangun oleh pemerintah setempat untuk masyarakat dalam menggunakan prasarana transportasi itu sendiri seperti Ruang Henti Khusus (RHK). Karna prasarana yang dibangun seperti RHK tersebut untuk dapat melancarkan arus lalu lintas di simpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan RHK simpang bersinyal yaitu Simpang Jambo Tape di Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan berupa perbandingan pada tahun 2013 sebelum adanya RHK dan tahun 2018 setelah adanya RHK pada Simpang Jambo Tape. Untuk kelayakan RHK berdasarkan tingkat keterisian dengan metode dari Balai Teknik Lalu Lintas dan Lingkungan Jalan (2012) yang dihubungkan dengan kinerja simpang bersinyal dari metode dari PKJI 2014. Hasil dari penelitian didapat kelayakan RHK yang dilihat dari tingkat keterisian ialah rata-rata 50% yang artinya kurang berhasil diterapkan sedangkan untuk kinerja simpang bersinyal semakin bertambah dimana didapat nilainya ≥0,85 dimana artinya arus lalu lintas macet. Kesimpulannya bahwa fungsi RHK tidak membuat kinerja simpang bersinyal menjadi baik sehingga RHK yang ada di Simpang Jambo Tape tidak layak. Untuk itu diharapkan kepada Pemerintah setempat dengan hasil ini dapat menjadi acuan dalam evaluasi RHK di Simpang Jambo Tape sehingga kelayakan Zona RHK tersebut menjadi baik.

Full Text:

PDF

References


Bukhari, dan Sofyan, 1997, ‘Rekayasa Lalu Lintas’, Bidang Studi Transportasi Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

Bukhari, dan Sofyan, 2004, ‘Rekayasa Lalu Lintas I’, Bidang Studi Transportasi Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

Departemen Pekerjaan Umum, 2014, ‘Panduan Kapasitas Jalan Indonesia’, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta

Departemen Pekerjaan Umum, 2012, ‘Pedoman Perencanaan Teknis Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor pada Persimpangan Jalan Perkotaan’, Direktorat Jenderal Bina Marga, Puslitbang Jalan dan Jembatan:Bandung.

Maulana T.A, 2014, ‘Penerapan Ruang Henti Khusus Sepeda Motor Pada Persimpangan Bersinyal Jambo Tape Kota Banda Aceh’, Tugas Akhir, Unsyiah, Banda Aceh

Amelia, Juanita, 2011, ‘Efektivitas Penerapan Ruang Henti Khusus (RHK) Di Persimpangan Jalan Perkotaan (Studi Kasus: Persimpangan Jalan Pasteur-Pasirkaliki Kota Bandung)’, Bandung : Jurnal Majalah Ilmiah Techno, ISSN 1440-8607. Volume No 12 No 2:94-100.

Mangatur M, Susilo, 2015, ‘Tingkat Keterisian Ruang Henti Khusus Simpang Di Kota Bandung’, Lampung : Jurnal The 18th FSTPT International Symposium, Unila, Bandar Lampung, 28 Agustus 2015.

Tamin, O. Z., 2008, ‘Perencanaan, Pemodelan, & Rekayasa Transportasi’, Penerbit ITB, Bandung

Rahman A., Rahimi, Kojima, Kubota, 2013, ‘Experimental Research on Bicycle Safety Measures at Signalized Intersections’, Journal Of The Eastern Asia Society For Transportation Studies, Vol. 10, 2013.

R.M. Nuril, 2016, ‘Analisa Pengaruh Ruang Henti Khusus Kendaraan Sepeda Motor Terhadap Kenyamanan di Persimpangan’, Staf Pengajar Program Studi Teknik Sipil Universitas Medan Area.

P.A. Naomi, N.A. & Daud. Jeluddin, 2012. ‘Perencanaan Ruang Henti Khusus (RHK) Sepeda Motor di Medan’, Departemen Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Wall GT, Davies DG & Crabtree M, 2003, ‘Capacity Implications of advanced Stop Lines To Cyclist, London’, UK: TRI. Report TRI. 585. Transport Research Laboratory.

Kahira, R.E. Muliawati, R.A.Y, 2016, ‘Analisis Efektivitas Ruang Henti Khusus Sepeda Motor pada Simpang Bersinyal di Kota Semarang’, Tugas Akhir Universitas Diponegoro. Semarang.

Muliawati Y.A.R., Kahira, Ismiyati, Setiadji, 2016, ‘Analisa Efektivitas Ruang Henti Khusus Sepeda Motor Pada Simpang Bersinyal Di Kota Semarang’, Jurnal Karya Teknik Sipil, Vol. 5, No. 2, Tahun 2016, hal 128-137.

Dishub Aceh, 2017, Ruang Henti Khusus Kendaraan Bermotor Roda Dua (RHK), Banda Aceh, dilihat 4 September 2017, http://dishub.bandaacehkota.go.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v9i2.199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 herri arnanda, Renni Anggraini, Yusria Darma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats