PENGGUNAKAN OKUPANSI DAN KOMPOSISI KENDARAAN UNTUK MENENTUKAN EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG (EMP) PADA LALU LINTAS CAMPURAN DI BUNDARAN EMPAT LENGAN

Teuku Didi Rosadi

Abstract


Simpang adalah wilayah bertemunya ruas jalan yang membentuk sedikitnya tiga lengan. Peran simpang terhadap suatu jaringan jalan sangat penting karena simpang berfungsi untuk mendistribusikan arus kendaraan yang bertemu. Komposisi kendaraan yang melalui simpang umumnya bervariasi, masing-masing jenis kendaraan memiliki pengaruh yang berbeda terhadap lalu lintas. Oleh karena itu dibuatlah suatu faktor konversi dari suatu kendaraan ke kendaraan acuan, dalam hal ini kendaraan ringan (mobil penumpang), yang dinamakan dengan Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP). Penelitian ini bertujuan untuk menghitung nilai EMP berdasarkan kondisi setempat. Penelitian dilakukan di Bundaran Lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar. Lokasi Bundaran Lambaro yang dilintasi jalan nasional penghubung Banda Aceh dan Medan merupakan daerah yang strategis dalam menopang perekonomian, sehingga perlu dilakukan penelitian tentang analisis EMP di Bundaran Lambaro. Metode perhitungan EMP yang digunakan adalah metode waktu okupansi kendaraan dan komposisi kendaraan. Tujuan menggunakan ke dua metode ini adalah untuk membandingkan nilai hasil dari EMP yang didapatkan dari ke dua metode. Data primer yang diperlukan pada penelitian ini adalah kondisi geometrik simpang, kecepatan setempat yang didapat dengan speed gun, dan waktu okupansi kendaraan dan komposisi kendaraan yang diperoleh melalui ektrak video rekaman drone. Nilai EMP yang diperoleh dari menggunakan metode waktu okupansi dari penelitian ini adalah 0,16 untuk sepeda motor (MC), 0,59 untuk becak motor (RS), 1,07 untuk mobil pick-up, 1,91 untuk kendaraan sedang (MV), dan 3,76 untuk kendaraan berat (HV) sedangkan untuk metode regresi linier adalah 0,20 untuk sepeda motor (MC) dan 2,18 untuk kendaraan berat (HV).


Full Text:

PDF

References


Anonim. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta.

Arasan, V. T., Arkatkar, S. S., 2010. Micro-simulation study of effect of volume and road width on pcu of vehicles under heterogeneous traffic. Journal of Transportation Engineering, 136(12), 1110–1119.

Chandra, S., Kumar, U., 2003. Effect of lane width on capacity under mixed traffc conditions in India. Journal of Transportation Engineering, 129(2), 155–160.Garrabrant, R., dkk, 2004, Standard Handbook for Civil Engineers, Fifth Edition, The McGraw-Hill Companies, New York.

Lee, C., 2015. Developing passenger-car equivalents for heavy vehicles in entry fow at roundabouts. Journal of Transportation Engineering, 141(8), 04015013.

Matthew, T. V., dan Rao, K. V. K, 2007, Introduction to Transportation Engineering, NPTEL.

Mohan, M., dan S. Chandra, 2016, “Three Method of PCU Estimation at Unsignalized Intersections”, Transportation Letters The International Journal of Transportation Research.

Praveen, P. S., Arasan, V. T., 2013. Influence of traffc mix on pcu value of vehicles under heterogeneous traffc conditions. International Journal for Traffic and Transport Engineering, 3(3), pp. 302–330.

Sonu, M., dkk, 2016, “Time Occupancy as Measure of PCU at Four Legged Roundabouts”, Transportation Letters The International Journal of Transportation Research.

Sugiarto, S., Fadhlullah, A., Ruhdi, F., Sofyan, M.S., 2018, Measuring Passenger Car Unit (PCU) at Four Legged Roundabout using Time Occupancy Data Collected from Drone, http://jurnal.unsyiah.ac.id/AIJST/article/view/8587.

Sugiarto, dan Nakatsuji, 2010, Chiang Mai Traffic Area Studies, Final Report, Asian Institute of Technology, Bangkok.

Taylor, M. A. P., dan W. Young, 1996, Traffic Analysis: New Technology and New Solutions, Hargreen Publishing Company, Melbourne.

Troutbeck R., Brilon W., 2001. Unsignalised Intersection Theory Chapter 8, Traffc Flow Theory, A State-of-the-Art Report, Organized by the Committee on Traffc Flow Theory and Characteristics.




DOI: http://dx.doi.org/10.29103/tj.v9i2.191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teuku Didi Rosadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

P-ISSN: 2088-0651 

E-ISSN: 2502-1680

 Google Scholar

 
Accredited based on Sinta 3 based on the Decree of the Director General of Strengthening Research and Development of the Ministry of Research, Technology and Higher Education of the Republic of Indonesia Number 230/E/KPT/2022
Valid for 5 years, Volume 12 Number 2 Year 2022 to Volume 17 Number 1 Year 2027

 

Creative Commons "Attribution-ShareAlike”

Attibusion Internasional (CC BY-SA 4.0)




Published 2 times a year
March and September

Published by:
The Research institutions and community service (LPPM) Universitas Malikussaleh

In cooperation with Ikatan Sarjana Teknik Sipil (ISATSI NAD) Lhokseumawe


Web Analytics

View My Stats